17 Okt 2013 17:34

Sosialisasi Kesehatan Gigi di Klamono

Clino Gigi _KlamonoKLAMONO – PT Pertamina EP Field Papua bekerja sama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) melaksanakan sosialisasi kesehatan gigi di wilayah kerja PEP Asset 5 Field Papua Field di Klamono, pada (4/10).

 

Sosialisasi dilakukan oleh dua dokter gigi muda, didampingi Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), drg. Diah Indriastuti, Sp. RKG (K) dan CSR Staff PEP Field Papua. Sosialisasi dilakukan di dua tempat, yaitu SD Inpres 55 Klamono dan SD Eucharistia Klamono.

 

Di SD Inpres 55 Klamono, sosialisasi diberikan kepada 178 siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6. Mereka diajarkan tentang cara dan waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Sedangkan siswa kelas 4 sam­pai dengan kelas 6 juga dilakukan pemeriksaan kondisi gigi.

 

Di SD Eucharistia Kla­mono, sosialisasi diberikan kepada 58 siswa yang dilanjutkan dengan pemerik­saan kondisi gigi.
Sosialisasi untuk anak diawali dengan nyanyian yang diajarkan oleh tim dokter gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) untuk mencairkan suasana, dilanjutkan dengan pengenalan alat pemeriksaan gigi, sosialisasi dan pemeriksaan kondisi gigi.  Para siswa juga mendapatkan sikat dan pasta gigi.

 

Wakil Dekan III FKG Uni­versitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), drg. Diah In­drias­tuti, Sp. RKG (K) me­nyampaikan, kondisi gigi anak-anak cukup baik. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah kebiasaan mengon­sumsi buah pinang. Namun, pada beberapa kasus, Diah melihat terdapat gigi yang tumbuh di tempat gigi yang sudah ada (bertumpuk) sehingga perlu dilakukan pencabutan. “Anak-anak perlu dibiasakan untuk menyikat giginya sebelum tidur dan setelah sarapan pagi. Aktivitas kuman di malam hari biasanya akan meningkat dibandingkan pada siang hari,”ujarnya.

 

Sherly, guru SD Inpres 55 Klamono, menyambut baik kegiatan tersebut. “Semoga di tahun berikutnya dapat dilaksanakan kegiatan serupa”, ungkapnya. “Kepada Pertamina EP Field Papua kami ucapkan terima kasih karena membawa tim dokter ke sekolah kami,”tambahnya.

 

Kegiatan pengobatan gigi dan umum gratis ini merupakan program rutin dan setiap tahunnya dilaksanakan di wilayah yang berbeda. Untuk tahun ini, pengobatan gigi dilaksanakan di Kabupaten Sorong (30/9-4/10) dan Kabupaten Kepulauan Raja Ampat (7/10-10/10). Kegiatan ini juga disponsori oleh PT Pertamina (Persero) melalui SME & SR Partnership Program dan instansi lainnya.•PEP FIELD PAPUA

Dibaca sebanyak : 116
 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan