25 Nop 2013 08:00

Pecahkan Rekor MURI Tanam 20 Juta Pohon dalam Satu Hari

MURI_Manok WariMANOKWARI - PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat, memecahkan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) Menabung 20 Juta Pohon secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

 

Kegiatan yang  dipusatkan di areal Yonif Arai752 Manokwari ini, dipimpin langsung oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Budiman. Penanaman pohon dilakukan pada waktu bersamaan (08.00 WIB, 09.00 WITA, dan 10.00 WIT) dan berlangsung selama 24 jam.

 

Penanaman 20 juta pohon ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Pertamina di bidang lingkungan yang dikerjasamakan dengan TNI AD. Kegiatan penanaman pohon dilakukan di 8.815 lokasi di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan, 13 Kodam dan 60 Kodim yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antaranya meliputi Aceh Besar, Deli Serdang, Tangerang, Garut, Temanggung, Tanjung Selor, Mamuju, Karangasem, Sintang, dan lain-lain.

 

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, kegiatan menabung 20 juta pohon merupakan bagian dari dukungan Pertamina terhadap gerakan pemerintah menanam 1 miliar pohon dan diwujudkan melalui program menabung 100 juta pohon. Hal ini menjadi bukti komitmen perusahaan terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus menumbuhkan peluang bernilai ekonomi bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan.

 

Oleh karena itu, imbuh Karen, kegiatan ini tidak berhenti pada menanam melainkan juga merawat hingga tumbuh dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. “Kegiatan menabung 20 juta pohon serentak selama 24 jam ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Kami sangat bangga, kendati bukan merupakan tujuan utama, penghargaan MURI untuk kegiatan hasil kerja sama Pertamina dan TNI AD menunjukkan bahwa upaya yang telah kami lakukan mendapatkan, apresiasi positif dari masyarakat. Kami berkomitmen untuk melanjutkan gerakan menabung 100 juta pohon. Dengan antusiasme masyarakat sukarelawan dan juga TNI AD, kami yakin bisa melakukan lebih dari itu,” katanya. Selain menabung pohon, Pertamina juga mengadakan kegiatan lainnya, yakni bakti sosial yang dikerjasamakan dengan TNI AD, untuk pembangunan pos kesehatan desa, bantuan alat kesehatan, pengobatan massal, operasi gratis bibir sumbing, katarak dan hernia.•DSU

Dibaca sebanyak : 1223
 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan