The Ibnu Sutowo Library

Peresmian Perpustakaan PLC (Pertamina Learning Center) Simprug

2012-10-03 | 14:31:28

Jakarta – Sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap kemajuan bangsa Indonesia, Pertamina Learning  Center (PLC) mengaktifkan kembali perpustakaan di Simprug, Jakarta, Selasa (7/8). Dalam kesempatan tersebut, VP PLC Hasnil Rasyid menjelaskan, pengaktifan kembali perpustakaan PLC ini dibantu oleh para pekerja Data dan Informasi Korporat yang memberikan kemudahan melalui sistem digitalisasi.

Sistem digitalisasi merupakan layanan untuk mendukung proses pembelajaran yang disertai dengan koleksi buku yang semakin banyak. Bahkan, lanjutnya, saat ini e-book dan e-journal bisa diakses melalui smartphone. Selain itu, banyak mahasiswa yang menjadikan perpustakaan Pertamina sebagai sumber referensi pengetahuan seputar dunia Migas. Di sinilah peran perpustakaan Pertamina dalam meningkatkan kualitas generasi bangsa dengan membaca.

“Sinergi antara fungsi Data & Info Korporat serta PLC membuat perpustakaan ini semakin canggih. Tahap peningkatan perpustakaan PLC akan terus dilakukan untuk menjadikan pustaka PLC lebih maju dalam mendukung pencapaian misi “Leading Asia Energy”. Semoga, perubahan ini semakin merangsang minat baca insan Pertamina dan pengunjung perpustakaan lainnya,” ujar Hasnil.

Pada kesempatan yang sama, Manager Data dan Informasi Ghanapati memperkenalkan improvement project yang dapat mempermudah akses dan pendataan untuk pembaca, dengan menggunakan perangkat Digital Library System, yang terhubung oleh alat Radio Frekuensi Identification (RFId). Perpustakaan ini pun menggunakan sistem Self Service Library. “Menariknya, perpustakaan disempurnakan dengan fasilitas delivery book. Apabila pembaca tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke perpustakaan, maka petugas perpustakaan dapat mengirim pesanan buku yang ingin dipinjam setelah memesan buku via telepon,” ujar Ghanapati.


Back