Gas Untuk Kendaraan

PERTAMINA ENVOGAS

Pertamina Envogas adalah brand baru yang dipilih untuk Bahan Bakar Gas (BBG) yang sebelumnya diperkenalkan oleh Pertamina pada tahun 1986 dan 1992 melalui program Langit Biru dan kemudian di luncurkan kembali pada tanggal 10 Desember 2012.

 

Envogas
Penggunaan brand baru ini merupakan bentuk aktualisasi semangat Pertamina untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan energy masyarakat sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.


Pertamina Envogas merupakan produk CNG (Compressed Natural Gas) atau Gas Alam Terkompresi yang diperoleh melalui proses kompresi metana (CH4) hasil ekstraksi gas alam dengan tekanan sebesar 200 s/d 275 BAR. Komposisi gas metana (CH4) yang mempunyai fraksi yang lebih ringan dari udara, membuat CNG akan terlepas ke udara seketika, saat terjadi kebocoran sehingga relatih lebih aman dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak.


Penggunaan CNG sebagai bahan bakar, jauh lebih bersih dan ramah terhadap lingkungan dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak, hal ini disebabkan CNG menghasilkan emisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak (1/3 kadar emisi BBM), selain itu dengan kandungan oktan (RON – Research Octane Number) sebesar 120, CNG juga mampu menghasilkan pembakaran yang lebih bersih, sehingga mesin kendaraan lebih awet dengan perawatan yang efisien.


Harga Pertamina Envogas
Harga Pertamina Envogas untuk sektor transportasi saat ini ditetapkan oleh Pemerintah sebesar Rp 3,100/Lsp

Data SPBU/SPBG Pertamina Envogas

 

No

No SPBG/SPBU Alamat Jenis kendaraan yang dilayani
1 A. 31.03.03 Jl. Raya Bogor, Gandaria, Jakarta Timur Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan
2 A. 34.02.02 Jl. Raya Pesing (Pool PPD), Jakarta Barat Trans Jakarta, Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan
3 A. 31.03.01 Jl. Pemuda, Jakarta Timur Trans Jakarta, Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan
4 A.31.114.01 Jl. Raya Daan Mogot, Jakarta Barat Trans Jakarta, Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan
5 A.34.04.01 Jl. Kapten Tendean, Jakarta Selatan Trans Jakarta, Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan
6 B.21.301.01 Jl. R. Soekamto, Palembang Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan
7 C.21.301.02 Jl. K.H. Burlian, Palembang Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan
8 C.21.302.03 Jl. Ki Marogan, Palembang Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan
9 C.21.301.04 Jl. Pangeran S.W. Subekti, Palembang Kendaraan Pribadi, Taksi, Bajaj, Angkutan Perkotaan

 

LGV (Liquefied Gas for Vehicle)

 

Seperti halnya Elpiji, Vi-Gas juga merupakan turunan dari LPG yang dinamakan LGV (Liquefied Gas for Vehicle), dengan campuran Propane dan Butane. Dikemas dalam tabung yang juga berfungsi sebagai tanki bahan bakar, Vi-Gas sangat cocok digunakan untuk kendaraan kecil, baik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

 

Vigas
Tekanan Vi-Gas yang rendah menyebabkan penggunaan Vi-Gas relatif tidak berbahaya, selama Anda memperhatikan panduan keselamatan penggunaannya. Selain itu, penelitian kami membuktikan bahwa penggunaan Vi-Gas lebih hemat dari penggunaan BBM, sehingga biaya operasional kendaraan dapat ditekan.


Pemakaian LGV sebagai bahan bakar kendaraan sudah digunakan secara luas di negara-negara lainnya, seperti Australia, Korea, dan negara-negara Eropa. Harga BBM yang semakin tinggi serta rendahnya emisi LGV merupakan faktor utama yang membuat konsumen lebih memilih menggunakan LGV daripada BBM. a (CH4). Dalam istilah internasional, BBG dikenal juga dengan nama CNG (Compressed Natural Gas).


Kontribusi kita untuk program Langit Biru


Jika Anda adalah pengusaha taksi, angkutan kota ataupun bajaj, dan menginginkan biaya operasional yang lebih murah, mengapa tidak beralih menggunakan Vi-Gas? Vi-Gas adalah LPG yang digunakan untuk transportasi, sangat sesuai untuk jenis kendaraan kecil karena memiliki kapasitas tanki yang sama dengan BBM. Dan juga, Anda pun ikut berkontribusi untuk menjadikan lingkungan Indonesia lebih bersih, karena Vi-Gas adalah produk yang ramah lingkungan!

 

Press Release

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan