05 Sep 2017 16:08

Taman Terumbu Karang Pertamina Lestarikan Ekosistem Laut di Kota Pariaman

Pariaman (5/9) - Sebagai wujud pelestarian ekosistem laut, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I (MOR I) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau memberikan bantuan penanaman Taman Terumbu Karang yang berlangsung di Pantai Gandoriah, Pulau Ujung, Kota Pariaman, Sumatera Barat pada Selasa (5/9). Bantuan diserahkan kepada Kelompok Konservasi Terumbu Karang, Tabuik Diving Club (TDC) secara simbolis oleh Operation Head DPPU Minangkabau, Ridwan bersama Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman.

 

Ridwan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dibuatnya taman terumbu karang merupakan bentuk kepedulian perusahaan atas upaya pelestarian ekosistem laut, khususnya wilayah pesisir yg berada di sekitar operasi Pertamina.
"Terumbu karang yang tumbuh mempunyai fungsi dan peranan penting bagi kesuburan perairan laut guna melindungi organisme biota laut. Sehingga diharapkan dapat menyelamatkan ekosistem dan habitat laut yang ada di wilayah pesisir Sumatera Barat ini", ungkap Ridwan.


Selain penanaman terumbu karang, dilaksanakan juga pelepasan 5000 anak penyu (tukik) ke laut lepas. "Dengan adanya terumbu karang buatan tersebut diharapkan dapat menjaga keberlangsungan hidup Penyu di sepanjang Pantai Pariaman. Hal ini sebagai upaya pelestarian ekosistem laut di pesisir Sumatera Barat", tambah Ridwan.


Bantuan penanaman taman terumbu karang didasari oleh potensi keragaman organisme biota laut di Kota Pariaman. Bantuan diberikan senilai Rp 200 Juta terdiri dari ratusan rangka besi beton yang ditanami terumbu karang dan dibentuk menjadi taman terumbu karang di dasar laut.***

Dibaca sebanyak : 619

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan