Menteri BUMN Apresiasi Budaya Inovasi di Pertamina

JAKARTA, 15 Maret 2017 - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengapresiasi budaya inovasi yang terus dikembangkan Pertamina sehingga bisa mendorong penghematan perusahaan. Hal tersebut disampaikan saat Menteri BUMN memberikan sambutan dalam Penganugerahan Annual Pertamina Quality (APQ) Awards 2017 di kantor Pusat Pertamina.

 


"Saya sangat bangga dengan Pertamina terutama pada 2016, Pertamina bisa menghasilkan saving sebesar Rp26 triliun dan keuntungan sangat besar," kata Menteri BUMN Rini Soemarno, dalam acara penghargaan capaian inovasi Pertamina di ajang APQ Awards.

 


Menurut Rini, dengan berbagai penghargaan yang diterima melalui kegiatan ini, baik tingkat naisonal maupun regional, serta diberikannya Satya Lencana oleh Presiden Joko Widodo, menunjukkan pekerja Pertamina telah dapat berkompetisi di dunia, salah satunya meraih penghargaan best of the best di New Zealand.

 


“Saya sangat bangga dengan adanya 2.661 inovasi yang dihasilkan, dan saya titip ke Direksi dan manajemen Pertamina agar mendorong inovasi yang ada agar dipatenkan dan bisa dipasarkan di dunia,”tambahnya.
Sementara itu Plt Direktur Utama Pertamina Yenny Andayani mengatakan bahwa inovasi dan teknologi telah emnajdi bagian dari kehidupan insan Pertamina. “Kompetisi ini sangat sulit, tapi sangat sehat persaingannya. Saya bangga dan berharap apresiasi yang diberikan hari ini menjadi motivasi di tahun 2017,”katanya.

 


Annual Pertamina Quality (APQ) Awards merupakan wadah  apresiasi/ penghargaan bagi kegiatan perbaikan kualitas kerja melalui inovasi yang berkelanjutan di seluruh lini bisnis dan anak perusahaan. Tahun ini menginjak perhelatan yang ke-7 dengan tema “Insan Mutu Mendunia Mendukung Pencapaian Sasaran Strategis Pertamina”. Acara yang diselenggarakan sejak Sabtu, 11 Maret hingga Rabu 15 Maret 2017 ini memberikan 13 Kategori penghargaan meliputi:
1.    The Best Quality Board,
2.    The Most Inspiring Leader
3.    The Best Continuous Performance Improvement
4.    The Most Productive CIPer
5.    The Best Quality Agent
6.    The Most Valuable Innovation
7.    The Best KOMET Agent
8.    The Best KOMETer
9.    The Best PC-Prove-Prove CIP
10.    The Best FT-Prove CIP
11.    The Best I-Prove CIP
12.    The Best Innovation Expo CIP
13.    Best of the Best