“Pertamina Ekspedisi Setapak” Donasikan 2039 Pasang Sepatu ke 8 Sekolah di Banten

Pandeglang - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, Pertamina Marketing Operation Region III Jawa Bagian Barat (MOR IIIJBB) memulai program CSR “Pertamina Ekspedisi Setapak” (Sehari Tanpa Alas Kaki) yang berlokasi di SDN 2 Banjarmasin, Carita, Kabupaten Lebak pada Jumat, 19 Mei 2017.

 

Pembukaan “Pertamina Ekspedisi Setapak” dihadiri oleh Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina(Persero) Agus Mashud, jajaran pimpinan Pemerintah Provinsi Banten, Bupati Pandeglang Irna Narulita, dan Kepala Dinas Pendidikan, Salman Sunardi, serta Pemimpin Redaksi Banten Pos, Rizal Maulana Malik.

 

Menurut Vice President CSR & SMEPP PT. Pertamina (Persero), Agus Mashud, kegiatan utama ekspedisi yang diselenggarakan bersama Banten Pos ini, akan menyalurkan bantuan berupa sepatu sekolah bagi siswa SD yang kurang mampu di Pandeglang, Lebak dan Serang. Kegiatan CSR ini sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap siswa siswi sekolah dasar yang berada di daerah pelosok.Pertamina berharap kegiatan tersebut akan menumbuhkan semangat bagi pelajar dan mendorong terciptanya mutu pendidikan yang lebih baik untuk masa depan Indonesia.

 

“Program Pertamina Ekspedisi Setapak” ini diharapkan dapat membantu siswa di sekolah-sekolah pelosok yang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Ini salah satu komitmen kami untuk ikut serta mendukung pendidikan khususnya di Banten,”ujar Agus Mashud.

 

Pada Pertamina Ekspedisi Setapak tahun ini, lanjut Agus, Pertamina akan menyalurkan 2039 pasangsepatu kepada  2039 siswa di 8 SD yang beradaPropinsi Banten. Di Kabupaten Pandeglang, sekolah yang menerima bantuan di Kabupaten Pandeglang antara lain, SD Banjarmasin 2, Kecamatan Carita; SD Sukanagara 3, Kecamatan Carita; SD Sukacai, Mandalawangi; dan SD Dalembalar 2, Kecamatan Cimanuk.

 

Adapun di Kabupaten Lebak, empat SD lainnya yang akan menerima bantuan yaitu SD Jagaraksa 1 dan 2, Kecamatan Muncang; SD Calung Bungur, Kecamatan Sajira; dan SD Curug Badak, Kecamatan Maja. Sementara satu SD di Serang, yakni SD Tembong juga turut menerima bantuan. Para siswa yang menerima bantuan, umumnya berasal dari keluarga dengan ekonomi kurang mampu. “Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat kepada para siswa dalam kegiatan belajar dan mendorong mereka mencetak prestasi di sekolah masing-masing,”kata Agus Mashud.

 

Selain menyalurkan bantuan sepatu, Pertamina MOR III JBB juga turut andil dalam membantu revitalisasitoilet sekolah, pengecatan perpustakaan, donasi 50 buku per sekolah, pemberian rak buku, alat peraga belajar, dan poster edukasi di lingkungan sekolah. Bagi Pertamina, program perpustakaan merupakan salah satu yang menjadi sasaran, karena perpustakaan menjadi fasilitas penting untuk mendukung proses belajar, menambah saluran informasi dan pengetahuan, sekaligus meningkatkan minat literasi di kalangan siswa.

 

Setelah penyerahan bantuan di SDN 2 Banjarmasin, bantuan ke 7 sekolah lainnya akan disalurkan oleh Tim Pertamina Ekspedisi Setapak secara bertahap. Penyaluran bantuan juga akan disesuaikan dengan momentum spesial yang pada setiap bulan. Untuk memperluas jangkauan program CSR ini, para konsumen Pertamina dapat ikut andil dengan melakukan pembelian Pertamina Fuels (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex) di SPBU tertentu di wilayah Banten, dan sebagian keuntungannya akan disumbangkan untuk program ini. Program berlaku hingga bulan Nopember 2017 sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian bersama untuk sesama masyarakat.

 

Sebagai informasi, sampai dengan bulan Maret Tahun 2017 Pertamina telah menyalurkan Program Kemitraan sebesar Rp 105.000.000,- dan Program CSR & Bina Lingkungan (BL) sebesar Rp 812.653.500 untuk Provinsi Banten. Dimana pada tahun sebelumnya, Penyaluran Program Kemitraan sebesar Rp 390.000.000,- dan Program CSR & BL sebesar Rp 1.664.390.800,-.