10 Okt 2017 07:35

TPI Pertahankan Peringkat Excellent dari Lembaga Pemeringkat Internasional

JAKARTA - PT Tugu Pratama Indonesia (TPI) berhasil mempertahankan dan menjadi satu-satunya perusahaan asuransi umum nasional yang memiliki peringkat “A-“ (Excellent) untuk kategori kekuatan finansial (financial strength rating) dan peringkat “a-” untuk kategori kredit jangka panjang (long-term issuer credit ratings) dengan stable outlook dari A.M. Best. 

 

Perolehan ratings tersebut dihasilkan dari kajian komprehensif atas kemampuan perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajibannya kepada pemegang polis (financial strength rating) dan kemampuan memenuhi kewajiban jangka panjang (longterm issuer credit ratings) yang juga didasarkan atas ulasan kualitatif dan kuantitatif dari laporan keuangan, penilaian rencana bisnis perusahaan asuransi, kinerja dan profil bisnis termasuk perbandingan dengan perusahaan–perusahaan asuransi sejenis berskala global. Peringkat ini mencerminkan kinerja operasi dan kapitalisasi TPI yang sangat kuat dimana posisi modal TPI menguat menjadi US$ 423 juta per Juni 2017. 

 

A.M. Best adalah lembaga khusus pemeringkat yang berfokus pada industri asuransi yang tertua dan terkemuka asal Amerika Serikat. Lembaga ini didirikan pada tahun 1899 oleh Alfred M. Best dan hingga kini dijadikan acuan standar untuk memotret kemampuan pemenuhan kewajiban perusahaan asuransi. Ratings yang dikeluarkan oleh A.M. Best diakui sebagai tolak ukur untuk menilai kekuatan keuangan perusahaan yang dinilai dan juga kualitas kredit dari kewajibannya. 

 

“Keberhasilan TPI dalam mempertahankan peringkat dari A.M. Best tahun ini bukan sekadar prestasi dan kebanggaan perusahaan, namun juga menjadi tantangan besar TPI untuk terus meningkatkan kinerjanya kepada stakeholder, khususnya dalam mengelola eksposur risiko yang meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis perusahaan,” ujar Muhammad Syahid, Direktur Keuangan dan Jasa Korporat TPI. 

 

Peringkat yang diberikan oleh A.M. Best merupakan pengakuan atas kinerja dan stabilitas keuangan TPI. Seperti dijelaskan juga oleh Direktur Teknik TPI, Andy Samuel, kinerja operasi TPI secara lingkup perhitungan underwriting dan investasi dinilai sangat baik, dan berkontribusi terhadap pembentukan modal. Combined ratio dan return on premium ratio perusahaan masing-masing mencapai 83% dan 61% dalam lima tahun hingga 2016.•TPI

Dibaca sebanyak : 300

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan