12 Nop 2017 22:10

RU V Gelar Workshop Penanganan Limbah B3

IMG_20171112_220602BALIKPAPAN - Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dan pelaku usaha kecil di Kota Balikpapan dalam pengendalian pencemaran dan pengelolaan limbah B3, RU V Balikpapan mengadakan workshop bertema “Rembuk Solusi Penangan Limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3) di Lingkungan Masyarakat dan Usaha Kecil di Kota Balikpapan”, di Ballroom Blue Sky Hotel Balikpapan, pada Jumat (20/10/2017). 

 

Kegiatan yang dilaksanakan bersama DLH Kota Balikpapan ini dihadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk perwakilan sekolah adiwiyata dan pelaku usaha kecil di Kota Balikpapan. 

 

Dalam sambutan pembukaan, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, workshop ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pelaku usaha di Kota Balikpapan dalam pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan.

 

Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan limbahnya adalah material yang karena sifat, konsentrasi atau jumlahnya berbahaya bagi masyarakat dan dapat membahayakan lingkungan. Upaya pengelolaan B3 dan limbahnya harus dilakukan untuk mengendalikan dampak lingkungan yang muncul sebagai konsekuensi atas penggunaan bahan ini.

 

Sementara itu, GM RU V Balikpapan Togar M.P mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari pemerintah kota Balikpapan. “Kegiatan ini merupakan simbol dari komitmen RU V dalam mewujudkan kelestarian lingkungan di Kota Balikpapan,” ucapnya. 

 

RU V juga aktif mengelola limbah dalam kegiatan operasionalnya. Beberapa fasilitas pengelolaan limbah yang dimiliki RU V antara lain, unit Effluent Water Treatment Plant (EWTP) untuk limbah cair, unit TPA Manggar untuk limbah padat (Non B3), unit TPS limbah B3, dan unit Flare Gas Recovery System (FGRS) untuk emisi udara.

 

Dalam workshop ini turut hadir beberapa pembicara yang ahli dalam bidang pengelolaan Limbah B3. Yaitu, Tenaga Ahli Menteri LHK RI Bidang Dukungan Pengelolaan Sampah Limbah B3, Ir. Tuti Hendrawati Mintarsih, Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3, Ir. Shinta Saptarina Soemarno, M.Sc, dan Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Eco Region (P3E) Kalimantan, Tri Bangun Laksono.

 

“Harapan kami dengan diselenggarakannya workshop ini, terjadi peningkatan kesadaran dan kemampuan teknis masyarakat dan para pelaku usaha kecil penghasil limbah B3 untuk ikut bertanggung jawab dengan mengelolanya secara benar sehingga dapat mencegah pencemaran lingkungan,”pungkas Togar.•RU V

 

Dibaca sebanyak : 122

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan