29 Nop 2013 07:44

RU V Balikpapan Produksi Pertamina Dex

Pertaminadex _RUIVBalikpapan - Dalam rangka meningkatkan penetrasi pasar,  RU V mempersiapkan Pertamina Dex. Kehadiran sarana ini merupakan terobosan Pertamina dalam mempersiapkan bahan bakar mesin diesel non subsidi di Indonesia Timur khususnya pulau Kalimantan, sehingga diharapkan mampu menjadi bahan bakar pilihan bagi masyarakat.

 

Dengan tersedianya Pertamina Dex dalam bentuk curah dan kemasan, Pertamina yakin keberadaan produk ini dapat meningkatkan jumlah pengguna produk diesel, seiring dengan pertumbuhan otomotif kendaraan mesin diesel modern.  Kendaraan bermesin diesel akan dengan mudah mendapatkan bahan bakar yang berkualitas dengan kandungan sulfur yang rendah, yaitu Pertamina Dex.

 

Pertamina Dex merupakan bahan bakar persembahan Pertamina yang berkualitas tinggi setara dengan standar Euro 3, yang memiliki sulfur terendah di Indonesia saat ini, yaitu 300 ppm. Dengan Cetane number minimal 53 membuat start engine lebih mudah, tarikan lebih enteng, dan suara lebih halus.

 

Pertamina Dex diproduksi salah satunya di Kilang RU V Balikpapan. Dan Kamis, 7 November 2013 dilaksanakan peresmian lifting perdana Pertamina Dex produksi Kilang RU V Balikpapan di Jetty 5 RU V Balikpapan. Hadir dalam peresmian tersebut  manajemen dan pekerja Pertamina, para perwakilan dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek), dan rombongan wartawan.

 

Keunggulan produksi Pertamina Dex Di Kilang RU V adalah fleksibilitas kesempatan produksinya, dengan Flash Point tinggi > 60oC dan Pour Point rendah (<0oC) untuk handling yang lebih safety.Aspek safety dalam beroperasi merupakan hal yang dijunjung tinggi di seluruh area operasi Pertamina.Penyaluran produk Pertamina Dex dilakukan melalui pipeline ke Depot TBBM Balik­papan dan melalui kapal menggunakan Jetty 5.

 

“Lifting perdana Pertamina Dex Produksi Kilang RU V Balikpapan merupakan salah satu kado terindah untuk HUT ke-56 Pertamina pada 10 Desember 2013 dan secara umum tentunya memberikan nilai manfaat lebih bagi masyarakat Indonesia,” tegas GM RU V, A. Fathoni Mahmud.

 

Pertamina Dex dalam bentuk kemasan jerrycan (kap 10 dan 20 Liter) dan penjualan langsung via nozzle SPBU saat ini telah tersedia di 98 SPBU/APMS yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan. Khusus untuk di Kalimantan Timur, penjualan Pertamina Dex via nozzle telah siap dilayani 6 SPBU/APMS yang berlokasi di : SPBU COCO Karang Anyar-Balikpapan, SPBU Batu Ampar Km 4-Balikpapan, SPBU Tenggarong Seberang, SPBU Jl. Cipto Mangunkusumo-Samarinda, APMS Ds Loa Tebu-Tenggarong, dan APMS Kotabangun.•RUV

Dibaca sebanyak : 643

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan