15 Mar 2017 10:00

RU II Lakukan Upskilling Champion GCG

Untitled -5MEDAN -  Dalam rangka menumbuhkan kesadaran para pekerja di lingkungan Re­finery Unit II (RU II) Dumai untuk meng­­hindari pelanggaran terhadap kon­flik kepentingan (Conflict of Interest /CoI) dan kode etik (Code of Conduct/CoC) yang telah ditetapkan oleh peru­sahaan, RU II melaksanakan inisiatif pro­gram dengan melakukan upskilling para champion sebagai perwakilan dari masing-masing fungsi tentang pe­mahaman prinsip dasar CoI dan CoC.

 

Acara ini dihadiri oleh General Manager RU II Mahendrata Sudibja dan seluruh champion RU II dengan narasumber salah satunya Chief Legal Counsel & Compliance Genades Panjaitan, pada Kamis (9/2).

 

Mahendrata mengungkapkan pen­ting­nya peningkatan kesadaran dan pe­mahaman para pekerja di lingkungan RU II terhadap tata nilai 6C dan Good Corporate Governance (GCG).

 

“Kita sudah mengikuti tren dalam meng­gunakan perangkat untuk me­monitor GCG secara online, sehingga dapat dimonitor secara cepat dan te­pat sehingga fraud tidak ada lagi di lingkungan RU II,” ungkap Mahendrata  dalam mengingatkan visi RU II untuk menjadi kilang minyak dan petrokimia yang kompetitif di Asia Tenggara.

 

Bahkan Mahendrata juga men­jelaskan bahwa lima prioritas strategis Pertamina seperti efisiensi di semua lini harus diterapkan dan peningkatan kapasitas kilang pengolahan yang terus dilakukan oleh RU II.

 

Selanjutnya para champion RU II mendapatkan beberapa materi yang disediakan oleh panitia yang di-support oleh Internal Audit Sumbagut, Legal Counsel RU II dan OPI RU II yang men­datangkan beberapa narasumber.

 

Chief Legal Counsel & Compliance Genades Panjaitan dalam paparannya mengingatkan kembali kebijakan perusahaan terkait dengan GCG, prinsip dasar CoC, prinsip dasar CoI, Fraud, dan Whistleblowing System (WBS). Selain itu, ia membahas studi kasus di Pertamina dengan memberikan beberapa contoh real fraud yang terjadi di perusahaan selama ini. Penekanan pem­bahasan diberikan pada pendekatan role model.

 

Ke depannya, Genades berharap agar seluruh peserta upskilling champion RU II akan melakukan internalisasi dan sosialisasi praktik-praktik GCG dan terutama apa yang diperoleh dari hasil pem­bekalan ini kepada seluruh pekerja RU II.

 

Sebagai komitmen dari pembekalan ini, para champion RU II melakukan penandatanganan Komitmen Penerapan GCG dan Anti CoI RU II.

 

Acara ini ditutup dengan pemberian saran dan kritik oleh seluruh peserta yang sudah menjadi agen compliance. Untuk selanjutnya, sesuai dengan arahan dari Plt. Direktur Utama Pertamina, inisiatif program yang dilaksanakan oleh RU II tersebut akan dilaksanakan di se­mua unit/area.•RU

Dibaca sebanyak : 321

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan