31 Jan 2017 09:00

Pertamina Tantang Pemuda Bandung Ciptakan ‘Ide Gila’

6-PERTAMINA DGILS BANDUMG (TRISNO)Bandung - Sebagai peru­sa­haan yang berfokus pada energi baru dan ter­barukan, Pertamina menga­dakan Per­ta­mina Ide Gila Energy Competition 2017, se­buah kom­­pe­­tisi inovasi seputar ide bisnis inovatif, tero­bosan pro­duk dan tekno­logi seputar energi baru dan terbarukan, yang akan mem­berikan dam­pak positif ter­hadap sosial dan ekonomi bangsa.

 

Pertamina aktif mempro­mosikan kompetisi ini melalui Program Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 Road­show.Roadshow per­­­­­­tama berlangsung di Aula Barat ITB, Bandung, Se­lasa (24/1). Tidak hanya di Bandung, roadshow ini ju­ga akan hadir di kota-kota lain, seperti Ma­kassar pada tanggal 7 Februari 2017, Sura­­baya 14 Februari 2017, dan kota terakhir Depok 21 Feb­ruari 2017. 

 

Kegiatan ini diharapkan mampu meng­galang par­ti­si­pasi dan antusiasme masya­rakat untuk bersama Perta­mina menciptakan berbagai inovasi bisnis dan teknologi ber­basis energi baru dan ter­ba­­ru­kan. Partisipasi masya­­rakat adalah salah satu kunci untuk mengubah berbagai potensi yang akan menjadi kekuatan di masa depan.

 

Manager Quality Mana­gement Pertamina, Waljiyanto mengatakan kom­petisi ‘Ide Gila’ ini berbeda dengan kom­petisi ide-ide ino­vasi pada umumnya. Ka­­re­na yang ber­­beda ada­lah Pertamina tidak hanya me­nam­pung ‘Ide Gila’ nya saja akan tetapi mengajak ber­ko­laborasi dengan pemilik ide untuk me­wu­­judkan ide itu menjadi bis­nis yang ber­dampak bagi Perta­mina dan masya­rakat yang pastinya membawa keuntungan bagi pemilik ide tersebut.

 

“Ide Gila ini sebagai apre­siasi Pertamina terhadap hasil karya para inovator muda energi baru dan terbarukan di Indonesia yang berusia mulai dari 15 tahun dan ten­tunya inovasi tersebtu mem­bawa kemanfaatan bagi masya­rakat luas dan ide gila ter­sebut memiliki nilai bisnis ba­gi Pertamina,” ungkap Waljiyanto.

 

Sesi talk show dihadiri oleh Creative Entre­preneur yang mencapai suk­­ses berkat selalu berpikir kreatif,  Yoris Sebastian se­laku perwakilan dari dewan juri yang memberi banyak masukan tentang apa yang menjadi harapan dan poin penilaian dalam kompetisi ini. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan oleh para calon peserta sebelum memasukkan ide-idenya.

 

“Jangan pernah cepat puas dengan idenya tetapi harus memperbanyak refe­rensi baik dari membaca buku, browsing internet. Jangan sampai ide tersebut sudah pernah ada. Jadi, ba­gai­­­mana kita meramu dan mem­­buat konsep sehingga ini menjadi bisnis yang bisa dijalankan oleh Pertamina yang membawa dampak positif bagi masyarakat di sekitar kita,” tambah Yoris.

 

Kepala Pusat Penelitian Energi Baru dan Terbarukan ITB, Dr. Ir. Priyono Sutikno yang  menjadi moderator pada acara ini, meng­­ungkapkan pentingnya kompetisi seperti ini mengingat masalah krisis ener­gi di Indonesia adalah ma­sa­lah besar bangsa di masa depan. Untuk mengatasinya, se­genap lapisan masyarakat ha­rus berpartisipasi aktif me­rumuskan ide kreatif yang mungkin bisa menjadi so­lusi atas permasalahan besar ini.

 

“Kegiatan ini sangatlah kreatif. Masya­rakat didorong untuk menuangkan ide-idenya terkait energi baru dan terbarukan, mela­kukan energi secara efek­tif dan efisien. Dengan demikian dari ajang ide gila inilah dite­mukan inovasi dan ide yang out of the box,” kata Priyono.

 

Sementara itu, Nabila Astari, mahasiswa Teknik Me­sin Fakultas Teknik Univer­­sitas Indonesia yang ber­hasil mengharumkan nama Indo­nesia karena men­jadi pemenang kedua kom­petisi “Go Green in the City 2016” di Paris, Perancis  berbagi tips dan pengalamannya di depan mahasiswa ITB. “Jangan ta­kut untuk menunjukkan ide­­nya. Jangan cari yang ter­­­lalu rumit dan besar, tetapi ca­­ri­­lah ide dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Jika ide kita tersebut bisa dilakukan,  perubahan akan membawa manfaat ba­­­gi banyak orang,” kata Na­bila  yang sukses dengan inovasinya ‘Energi Listrik Dari Gerakan Gerbang Pintu Putar “Droplock Turnstile Gate”,  yaitu konsep yang meng­­ilustrasikan ide solusi penge­­lolaan energi inovatif untuk Kota Pintar.•IRLI

Dibaca sebanyak : 404

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan