Pertamina Kenalkan ENVOGAS di Pameran Markplus Conference 2018

IMG_20171207_193715JAKARTA- Pertamina ikut berpartisipasi dalam pameran dengan tajuk BUMN Kreatif yang diadakan oleh Markplus. Pameran tersebut merupakan bagian dari The MarkPlus Conference 2018 yang sudah ke-12 kali dilaksanakan. Kali ini diselenggarakan di Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place (7/12/1017).

 

Acara dibuka oleh CEO Mark Plus Hermawan Kertajaya. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. 

 

Dalam pameran kali ini, Pertamina menampilkan ENVOGAS, brand resmi Pertamina untuk produk bahan bakar gas yang terkompresi atau biasa disebut Compressed Natural Gas (CNG). 

 

Di booth Pertamina, ditampikan penjelasan tentang ENVOGAS yang hadir sebagai jawaban dari tantangan akan kebutuhan energi ramah lingkungan.

 

Pertamina juga menampilkan informasi mengenai proses pengolahan gas alam yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama dikompresi untuk menjadi CNG, dimana gas alam dapat dikompresi sehingga volumenya menjadi 200-250 kali volume awalnya. Tahap kedua, dicairkan untuk menjadi LNG, dimana gas alam dapat dicairkan dengan cara didinginkan sampai suhu -162 derajat celcius melalui proses Cryogenic, sehingga volumenya menjadi 600 kali volume awal.

 

Terdapat tiga sistem kerja CNG untuk kendaraan. Sistem Bi-Fuel, pada mode ini pengguna dapat menggunakan bahan bakar bensin atau CNG secara bergantian. Sistem Dual-Fuel, mode dengan penggunaan menggunakan bahan bakar solar dan CNG secara bersamaan. Terakhir, Dedicated-Fuel yaitu kendaraan yang khusus menggunakan bahan bakar CNG.

 

Tak hanya itu, Pertamina juga membawa contoh mobil yang menggunakan bahan bakar ENVOGAS. Selain ramah lingkungan, produk ini juga aman, efisien, dan great performance. Dalam penjualan ENVOGAS dilakukan konversi satuan gas ke liter setara Premium (LSP). 

 

Pertamina berharap dengan disosialisasikan brand terbaru ini, masyarakat dapat lebih mengenal produk ramah lingkungan demi kehidupan yang lebih baik lagi dan beralih untuk menggunakannya.*INDAH