Pertamina dan Kemenhan Teken MoU untuk Pasokan BBM & Pelumas


MOU_Pertamina _KemenhanJAKARTA – Dalam rangka mendukung kegiatan opera­sional Tentara NasionaI Indonesia (TNI) untuk mela­kukan pengamanan dan ketertiban nasional, PT Per­ta­mina (Persero) siap memberikan pasokan Bahan Bakar Miyak dan pelumas untuk kebutuhan operasional armada TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara.

 

Kesiapan Pertamina memberikan pasokan ter­tuang dalam Nota Ke­se­pa­haman (MoU) antara Per­tamina dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) ten­tang jual beli Bahan Bakar Minyak dan Pelumas.

 

Penandatanganan dila­kukan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ha­nung Budaya dengan Dirjen Kekuatan Pertahanan Kem­han Laksa­mana Muda, Agus Purwoko yang disaksikan Men­teri Pertahanan  Pur­nomo Yus­giantoro dan Dirjen Migas Kementerian ESDM, Edi Hermantoro di Gedung Bhinne­ka Tunggal Ika Kantor Ke­menterian Pertahanan, Jakarta, (18/12/2013).

 

“Ini suatu kebanggaan bagi Pertamina karena telah diberikan kepercayaan untuk mendukung secara langsung operasi TNI dalam rangka menjaga NKRI. MoU ini kita harapkan bisa menjadi payung hukum dalam hubungan antara TNI dengan Pertamina khususnya da­lam penyediaan BBM dan pelumas di seluruh nu­santara,” ungkap Hanung.

 

Sementara Menteri Per­tahanan Purnomo Yus­gian­toro menyampaikan bahwa MoU ini adalah suatu good will yang dilakukan oleh Pertamina dimana kebutuhan BBM dan pelumas yang diperlukan oleh TNI akan dipasok sepenuhnya oleh BUMN tersebut. Menurut Purnomo, sejauh ini kuota kebutuhan BBM TNI dijatah dalam APBN sehingga TNI hanya bisa mengoperasikan 40 persen alutsista yang dimiliki TNI.

 

“Dengan keterbatasan kuota tersebut sangatlah mengganggu kegiatan ope­rasional TNI dalam melakukan pengamanan dan ketertiban dalam hal ini kaitannya membantu pihak kepolisian. Tentunya juga operasi pengamanan NKRI semakin penting baik darat, laut maupun di udara,” ungkap Purnomo.•IRLI