12 Sep 2017 10:00

Pertahankan Kinerja, JOB PPEJ Perkuat Motivasi Karyawan

16-PHE-JOB PPEJ_resizeBOJONEGORO - Tidak ingin karyawan kehilangan  motivasi kerja menjelang berakhirnya masa kontrak Blok Tuban pada 28 Februari 2018 mendatang,  Manajemen Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ)  terus memotivasi para karyawan.

 

Salah satu cara yang dilakukan,  dengan memperkuat kecerdasan spiritual karyawan melalui  Personal Transformation Program.  Program pelatihan sumber daya manusia ini  dimaksudkan agar  motivasi diri dan kebahagiaan secara spiritual karyawan lebih meningkat. Apalagi para karyawan berkomitmen mem­pertahankan produksi migas di Lapangan Sukowati dan Lapangan Mudi  tetap berada di kisaran angka sekitar 11.000 hingga 12.000 barrel per hari. 

 

General Manager JOB PPEJ Akbarsyah mengatakan, kematangan cara pandang, berpikir dan emosional karyawan sangat mempengaruhi hasil pekerjaan. “Kematangan emosi dan spiritual bisa menentukan keberhasilan dan yang menjadi cita-cita kita semua. Pelatihan dilakukan dengan tujuan agar pekerja dapat mengoptimalkan sikap positif sehingga dapat bekerja lebih baik secara individu maupun tim,” lanjutnya.

 

Ia menambahkan, manajemen juga bertanggung jawab terhadap kebahagiaan spiritual pekerja, sehingga memandang sebuah pe­kerjaan bukan sebagai beban. “Pekerja dapat memaknai setiap tantangan yang datang sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri sehingga dapat bekerja dalam tekanan.”

 

 

Bukan Sekadar Gaji

 

Pada bagian lain, sebagai instruktur ESQ Rinaldi Agusyana memaparkan akan berakhirnya production Sharing Contract (PSC)  JOB PPEJ pada bulan Februari 2018 nanti, berpengaruh secara mental karyawan. Setelah bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan itu, karyawan berpikir  akan bekerja kemana lagi setelah ini.

 

“Kesiapan mental itulah yang perlu kita siapkan. Bahwa apapun yang terjadi, baik itu yang sesuai sesuai dengan keinginan kita maupun tidak, semua adalah ketentuan Tuhan. Percaya bahwa ada hikmah di balik ketentuan itu,” kata Rinaldi saat ditemui usai pelatihan di Hotel Aston Bojonegoro pada 26 Agustus 2017 lalu.

 

Sejatinya tugas mulia seorang karyawan atau pekerja adalah dapat memberikan manfaat kepada banyak orang terhadap hasil kerja yang dilakukan. Namun, banyak pekerja yang berpikiran bahwa yang terpenting dalam bekerja adalah  mendapat sebuah gaji.

 

“Pekerjaan karyawan JOB PPEJ sangat mulia, menghasilkan dan mengelola energi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Yang paling konkret, karena minyak  dan gas itu bermanfaat bagi banyak orang, maka proses itulah yang semestinya menjadi kebahagiaan.  Jadi bukan hanya sekadar transaksional mendapat gaji, tapi pekerjaan ini adalah amanah,” pungkasnya.

 

Pelatihan Personal Transformation Program dilakukan dalam tiga  tahap,  dilakukan pada minggu ketiga dan minggu keempat bulan Agustus 2017 dan gelombang terakhir dilakukan di bulan September. 

Peserta yang terdiri dari PHE Secondee, PCI Secondee, dan JOB Recruit mengapresiasi upaya manajemen ini. Karena program ini mampu memotivasi mereka untuk lebih optimal saat bekerja dan me­maksimalkan potensi  kecerdasan in­telektual, emosional, serta spiritual.•JOB PPEJ

Dibaca sebanyak : 246

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan