17 Feb 2017 08:30

Pelatihan Public Speaking Bagi 140 Kepala Penerangan TNI

Untitled -11Jakarta -Public Speaking memiliki peran penting sebagai bagian dari sebuah organisasi dalam upaya menciptakan citra dan hubungan positif di mata publik sehingga dibutuhkan kemampuan untuk mengomunikasikan berbagai hal strategis yang menyangkut keberlangsungan perusahaan, instansi dan stakeholders.

 

Dalam rangka meningkatkan kemampuan public speaking jajaran penerangan Tentara Nasional Indonesia, Teknis Penerangan TNI mengundang Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro untuk memberikan pembekalan Public Speaking kepada 140 Kepala Penerangan jajaran TNI di seluruh Indonesia dalam Rapat Koordinasi Teknis Penerangan (Rakornispen) TNI Tahun 2017 di Mabes TNI Cilangkap, Senin (6/2).

 

Wianda mengatakan, anggota penerangan TNI wajib menguasai audiens, bagaimana menyampaikan informasi secara jelas dan penting kepada audiens. Karena itulah, diperlukan keahlian public speaking. Menurutnya, dengan keeahlian tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan memimpin, menjadikan lebih mudah bergaul dan meningkatkan pengetahuan.

 

“Kita harus menguasai materi dengan memperbanyak referensi agar tidak salah dalam menyampaikan informasi, memenuhi kriteria 5W+1H, memahami audiens dan interaktif. Kita harus siap menerima pertanyaan dan kritikan yang masuk serta harus bisa menjawabnya,” katanya.

 

Lebih lanjut Wianda memaparkan bahwa untuk menjadi seorang public relation harus memiliki rasa percaya diri yang baik, dengan eye contact dan sikap tubuh yang baik, intonasi dan tempo bica­ra yang tepat untuk meyakinkan audiens. “Kita harus bisa berbicara dengan baik tanpa menyinggung audiens, memberikan solusi, jangan pernah menyampaikan informasi yang bersifat menya­lahkan pihak lain,” tambahnya.

 

Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Angkatan Darat, Brigadir Jenderal Mohamad Sabrar Fadhilah mengatakan dengan pembekalan public speaking ini, para Kepala Penerangan jajaran TNI mendapatkan pembekalan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas penerangan di jajaran, seperti mengenai pemberitaan satuan untuk dipublikasikan oleh media, menjalin hubungan yang harmonis dengan awak media atau wartawan maupun dengan instansi terkait lain­nya.

 

Usai memberikan pembekalan, Wianda menyampaikan harapan kepada TNI untuk terus mendukung program Corporate Sosial Responsibilty  Pertamina sehingga dapat terlihat bagaimana Pertamina bersama TNI berkolaborasi memperbaiki fasilitas umum dan sekolah di daerah terluar, terpencil dan terjauh.•IRLI

Dibaca sebanyak : 414

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan