07 Des 2017 22:15

Pelatihan ISPS Code di Tanjung Sekong dan Tanjung Gerem

Pelatihan ISPS Code Di Tanjung Sekong Dan Tanjung GeremBANTEN - Pagi itu, aktivitas di pelabuhan Tanjung Sekong dan Tanjung Gerem berjalan seperti biasa, bahkan tidak ada kegiatan bongkar muat BBM. Namun sekitar pukul 08.30 WIB, Depot Tanjung Sekong mendapat telepon dari orang tak dikenal yang mengancam akan menghancurkan fasilitas yang ada di situ. Depot Tanjung Sekong pun merespon cepat dengan melaporkan ke pihak-pihak terkait. Setelah ditelusuri, ternyata ada empat orang kriminal mendatangi area Tanjung Sekong dan mengambil beberapa properti milik depot. Karena ada pengamanan, mereka melarikan diri ke perairan Merak.

Ternyata, empat pelaku merapat ke wilayah jeti Tanjung Gerem. Dua pelaku sempat menyandera sekuriti setempat, sementara pelaku lainnya melakukan perusakan dan pembakaran aset Tanjung Gerem. Berkat kesigapan koordinasi antara Depot Tanjung Gerem dan pihak terkait, mereka bisa dilumpuhkan, dan area yang terbakar bisa dipadamkan oleh tim pemadam Pertamina.

Kejadian tersebut bukanlah kisah nyata, tapi bagian dari simulasi pengamanan ketika diadakan pelatihan ISPS Code yang berlangsung di Tanjung Gerem dan Tanjung Sekong, pada Kamis (7/12/2017).

ISPS code merupakan exercise yang sudah diatur oleh undang-undang dan Surat Perintah Direktur Utama Pertamina tentang Tim Management ISPS Code Fasilitas Pelabuhan/TUKS Pertamina. 

Menurut OH TBBM Tanjung Gerem Bimo Sagus Ariyanto, pelatihan ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan personil yang ada di Tanjung Gerem agar selalu waspada terhadap potensi ancaman keamanan, baik tindak kriminal, kebakaran maupun tumpahan minyak. 

"Selain melatih kemampuan personil, ISPS Code ini juga untuk memantapkan koordinasi semua pihak yang terkait dalam mengamankan objek vital nasional," tegas Bimo. 

Excersise ISPS Code melibatkan Organisasi ISPS Code TUKS Pertamina tanjung Sekong dan Tanjung Gerem, Organisasi PROTAP PKKPMP tier 1 Tanjung Sekong dan Tanjung Gerem, Security, RSD dan tim Medical dari Tanjung Sekong dan Tanjung Gerem, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Banten, Ditpolair Polda Banten, Polres Cilegon serta Lanal Banten.*Kuntoro

Dibaca sebanyak : 162

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan