19 Jun 2017 09:00

MOR V Siap Penuhi Kebutuhan BBM & LPG di Wilayah Jatimbalinus

13-MOR5_resizeSEMARANG- Marketing Operation Region V (MOR V) mengambil langkah-langkah per­siapan guna mengantisipasi peningkatan kon­sumsi  BBM dan LPG di wilayah Jawa Ti­mur-Bali-Nusa Tenggara (Jatimbalinus). Hal tersebut ditegaskan  GM MOR V Herman M. Zaini di hadapan pers, pada (9/6).

 

Menurutnya, prediksi penyaluran BBM tertinggi Lebaran 2017 terjadi pada puncak arus mudik hari Jumat dan Sabtu, 23 & 24 Juni 2017.  Untuk memastikan penyaluran BBM dan Non BBM berjalan lancar selama masa Ramadan dan Lebaran, Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) terhitung mulai 10 Juni s.d 11 Juli  2017.

 

“Berdasarkan tren penjualan dan  realisasi Januari hingga Maret, Konsumsi Gasoline (Premium + Pertamax Series) akan mengalami kenaikan 10% dibanding harian normal. Untuk wilayah Jatim prediksi konsumsi tertinggi arus mudik pada 23 Juni 2017 sebesar 4.013 KL/hari atau naik 14% dari normal dan dan prediksi konsumsi tertinggi arus balik pada  3 – 4 Juli 2017sebesar 4.022 KL /hari atau naik 15% dari normal,” jelas Herman.

 

Hal yang sama juga terjadi di Bali  untuk wilayah Bali peningkatan konsumsi BBM juga diprediksikan terjadi seiring liburan dalam rangka Lebaran. Demikian juga di Nusa Tenggara.

 

“Selain menyiapkan penambahan stok, MOR V juga melakukan upaya-upaya lainnya yakni menyediakan layanan produk Pertamax Series dan Pertamina Dex dalam bentuk kemasan khusus di seluruh SPBU di jalur strategis arus mudik/balik yang juga akan dibuka selama 24 jam, menambah 42 Unit Mobil Tanki dengan total kapasitas 1.084 KL serta membentuk SPBU kantong di 6 titik SPBU wilayah Jombang, Nguling-Probolinggo, Lumajang, Pakisaji Malang, Batu dan Blitar,” ungkapnya.

 

Berbeda dengan BBM, tutur Herman, peningkatan konsumsi pada produk LPG terjadi di 3 periode, yaitu menjelang puasa, menjelang Idul Fitri dan Pasca Idul Fitri (Lebaran Ketupat). Pada bulan Mei menjelang puasa, MOR V sudah melakukan penambahan pasokan LPG 3 Kg  sebesar 15% dari alokasi normal. Penambahan juga dilakukan pada Juni ini sebesar 17% dari alokasi normal dan menyiapkan penambahan stok LPG nonsubsidi sebesar 8% untuk mengantispasi peningkatan konsumsi menjelang selama masa Ramadan dan Lebaran.

 

Sementara itu, persiapan di Sektor Transportasi Udara, peningkatan bahan bakar pesawat udara (Avtur) pada masa Lebaran diprediksikan akan terjadi di Bandara Juanda - Surabaya, Ngurah Rai – Bali dan BIL – Lombok. MOR V meningkatkan stok Avtur sebesar 10% pada bulan Juni dari normal konsumsi bulanan 97.200 KL/bulan.

 

MOR V senantiasa berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan BBM dan LPG agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah Puasa dan merayakan Idul Fitri 1438 Hijriyah  dengan lancar dan khidmat. Sebagai upaya pelayanan BBM/LPG/Avtur yang terbaik, diharapkan partisipasi aktif dari masyarakat. Apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi BBM/LPG/Avtur, Herman mempersilakan masyarakat untuk menyampaikan informasi melalui Contact Center Pertamina 1 500-000.•MOR V

Dibaca sebanyak : 126

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan