MOR III adakan Sosialisasi Keselamatan di SPBU

15-MOR3 Sosialisasi _resizeJAKARTA - Keselamatan se­­luruh pekerja di SPBU ser­ta pe­langgan SPBU Per­tamina merupakan hal yang utama. Oleh karena itu, MOR III mengadakan Sosialisasi Keselamatan di SPBU, pada (29/8). Acara dibuka oleh GM MOR III Mohammad Irfan dan dihadiri oleh VP HSEE M&T, Manager HSSE PT Pertamina Retail serta mengundang DPD DPC Hiswana Migas Wilayah Kerja MOR III  dengan jumlah peserta yang hadir 101 orang.

 

Sosialisasi ini meru­pakan bagian dari rang­kai­an roadshow VP HSSE M&T. Program tersebut merupakan terjemahan atas pesan yang disampaikan oleh Direktur Utama Pertamina Massa Manik, tentang Golden Rules HSSE, yaitu Patuh – Intervensi – Peduli (PIP). 

 

Sosialisasi  dilakukan ber­tahap ke semua MOR oleh HSSE Pemasaran. Targetnya seluruh Hiswana mendapat  pemahaman yang cukup mengenai aspek keselamatan di SPBU.

 

Selain kepada Hiswana Migas, pembekalan juga dilakukan kepada operator dan pengawas SPBU dalam bentuk pelatihan safetyman SPBU. Untuk MOR III sendiri pelatihan tersebut tahun ini akan dilakukan sebanyak 20 angkatan.

 

GM MOR III Mohammad Irfan mengharapkan seluruh operator dan pengawas SPBU dapat menerapkan aspek HSSE dalam seluruh aspek operasional di la­pangan, sehingga maka potensi kecelakaan dan insiden di SPBU dapat dihindari.

 

Pada kesempatan yang sama, tim HSSE PT Pertamina Retail menjelaskan mengenai standar SPBU yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha SPBU, apa saja persyaratan kese­lamatan yang wajib dimiliki oleh setiap SPBU sehingga seluruh petugas dan kon­sumen dapat terjaga kese­lamatannya. Selain itu, dipa­parkan pula konsekuensi yang akan diterima SPBU jika tidak mengikuti ketentuan keselamatan HSSE yang ber­laku, sertifikasi safetyman, serta keselamatan saat tank cleaning di SPBU.•MORIII