20 Mar 2017 08:00

Fokus pada Transparansi dan Pengembangan SDM, Elia Massa Manik Nahkodai Pertamina

1- PressconRapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina secara resmi mengangkat Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

 


JAKARTA- Pengangkatan Massa dituangkan dalam kepu­tusan Nomor SK-52/MBU/03/2017, tanggal 16 Maret 2017 tentang Peng­angkatan Direktur Utama Peru­sahaan Perseroan (Per­sero) PT Pertamina.

 

Penyerahan SK tersebut disampaikan langsung oleh Gatot Trihargo Deputi Bi­dang Usaha Jasa Keuang­an, Jasa Survei dan Kon­sultan Kementerian BUMN pukul 11.49 WIB di Kantor Kementerian BUMN.

 

Penunjukan Elia Massa Manik diharapkan dapat me­­menuhi  ekspektasi peme­gang saham dalam men­dukung upaya pencapaian  Nawacita Presiden Joko Wi­dodo di sektor energi, terutama dalam mewujudkan dan menjaga kemandirian energi nasional. Selain itu, Elia juga diharapkan dapat melanjutkan transformasi Per­tamina untuk menghadapi tren situasi global yang ma­sih volatile.

 

”Penetap­an direksi baru ini diharapkan dapat semakin memperkokoh Pertamina da­lam  menjalankan  peran stra­tegisnya  di sektor enegi na­sional, terutama dalam pen­capaian target kinerja  yang telah dicanangkan dan program-program uta­ma, antara lain BBM Satu  Harga dan Rencana Proyek Investasi Kilang, serta pe­ngem­bangan hulu yang ber­­­nilai puluhan miliar dollar d­a­­lam beberapa tahun ke de­pan,” ujar Wakil Pemegang Saham Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Ja­sa Survei dan Konsultan Kementerian  BUMN Gatot Trihargo.

 

Dalam kesempatan yang sama, Komisaris Utama Perta­mina Tanri Abeng   ber­pesan agar Direktur Utama Perta­mina yang baru dapat mem­bangun teamwork yang solid. “K­arena Pertamina ha­nya akan bisa maju jika di­pimpin oleh satu tim, bukan satu  orang,” katanya.

 

Sementara itu, Elia Massa Manik menyatakan  pe­nu­gasan ini merupakan ke­­hormatan bagi dirinya, apalagi mengingat kinerja Pertamina 2 tahun terakhir ini sangat gemilang. “Tentu memang bukan saja harus sustain, tetapi harus juga melakukan eksekusi-ekse­kusi sehingga akan  ada growth di masa yang akan datang,” kata Massa.

 

Usai memberikan kete­rang­­an di Kementerian BUMN, Direksi Perta­mina me­la­­­kukan town hall meeting  yang dihadiri sel­uruh pekerja Kan­tor Pusat dan di-relay ke seluruh unit operasi dan anak perusahaan Pertamina.

 

Dalam sambutan per­dananya di hadapan insan Pertamina, Massa menyata­kan fokus utamanya untuk semakin memperkuat SDM di Perta­mina, dengan me­num­­buhkan budaya positif peru­­sahaan. Efisiensi yang telah sukses menjaga kinerja Per­tamina dalam dua tahun ter­akhir juga masih menjadi perhatian.

 

"Melanjutkan trans­for­masi dengan fokus pada per­­kuatan kultur positif SDM di Pertamina menjadi agen­da penting. Dengan banyak­nya proyek penting yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan keta­hanan ener­gi nasional, men­dapat­kan trust menjadi sangat pen­ting untuk menjadikan proyek da­pat dilaksanakan dengan baik," tegas Massa.

 

Dia juga meyakini dengan transformasi Pertamina yang dibarengi dengan sikap po­sitif, bekerja dengan cer­das, cepat, nyali yang kuat dan bekerja dengan hati, Per­tamina dapat capai visinya sebagai world class energy company lebih cepat.

 

Lahir di Kabanjahe Ka­bupaten Karo, Sumatera Utara, Elia Massa Manik mulai berkarier dari PT Indofood Suk­ses Makmur (INDF) se­belum bergabung dengan Suez Group hingga tahun 2001. Sempat ber­gabung dengan PT Kiani Ker­tas, Massa kemudian ber­labuh di PT Jababeka.

 

Alumni Institut Teknologi Bandung dan Asean Institute Of Management Filipina ini per­nah menjadi ba­gian keluar­ga besar Perta­mina ketika menjabat sebagai Presiden Direktur PT Elnusa sejak Juli 2011- 2014. Terak­hir, Massa berlabuh di PT Perkebunan Nusantara III se­jak April 2016 dan dinilai sukses mengelola holding 14 perusahaan perke­buhan negara.•DSU/URIP

Dibaca sebanyak : 264

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan