11 Jul 2017 10:00

Deteksi Dini Kanker melalui Patologi Anatomi

16-SPC Fun Class _resizeJAKARTA - Culture Change Agent (CCA) SPC (Shared Processing Center) Pertamina kembali menyelenggarakan SPC Fun Class ke-4 yang mem­bahas tentang Tips Mengenali Kanker melalui Patologi Anatomi Sebagai Deteksi Dini, di Ruang Clean & Competitive Gedung Kwarnas, pada Rabu (13/6).

 

Dengan menghadirkan Dokter Spesialis Patologi Anatomi RSUD Tarakan dr. Chandra Dewi Kartika, SpPA, forum yang diadakan rutin setiap bulan tersebut merupakan forum diskusi berbagi pengetahuan yang bermanfaat bagi insan SPC Pertamina.

 

Ishfihana Hafny selaku Koordinator CCA SPC Perta­mina mengungkapkan, fo­rum ini bertujuan untuk me­ningkatkan wawasan dan ber­bagi informasi, khususnya dalam kaitan internalisasi tata nilai 6C di Pertamina.

 

Dalam acara tersebut, dr. Chandra Dewi Kartika menjelaskan, kanker adalah penyakit penyebab kematian kedua terbanyak di dunia. “Se­lain sebagai penyebab kematian kedua terbanyak di dunia,1/3 dari kasus kanker disebabkan oleh hal yang se­ring dialami masyarakat seperti obesitas, rendahnya asupan buah, kurang olah raga, dan konsumsi alkohol,” ujarnya.

 

Menurutnya, ada empat kanker yang paling sering terjadi di Indonesia yakni kanker serviks, payudara, paru-paru, dan usus besar. Untuk itu, ia berharap aca­ra seperti ini dapat te­rus digalakkan untuk me­ning­katkan wawasan dan ke­waspadaan terhadap kan­ker agar banyak yang cepat sadar untuk me­me­riksakan diri ke dokter.

 

“Kanker ini kuncinya ada pada kondisi saat diperiksa, kebanyakan datang waktu sudah stadium parah. Saya berharap ini menjadi suatu hal yang bermanfaat untuk mencegah kanker,” ucapnya.

 

Ia  juga berpesan bagi yang ingin berkonsultasi dengan dokter dapat me­nulis terlebih dahulu informasi yang ingin ditanyakan sehingga proses konsultasi menjadi  lebih berkualitas.•STARFY

Dibaca sebanyak : 434

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan