Defensive Driving Training untuk AMT Maluku

13-MOR 8 Defensif Driving _resizeAMBON - Fungsi HSSE MOR VIII terus berupaya meningkatkan keselamatan kerja bagi para driver atau awak mobil tangki dengan menggelar kegiatan rutin tahunan, yakni Defensive Driving Training (DDT).  Pela­tihan keselamatan bagi awak mobil tangki dilakukan untuk keselamatan distribusi energi di wilayah operasional Maluku Papua.

 

Dalam kegiatan ini, MOR VIII bekerja sama dengan PT. Indosafe Pratama meng­gelar DDT di pelataran par­kiran mobil tangki TBBM Wa­yame. Penyampaian materi secara teori selama tiga hari diadakan di Kota Ambon, dilanjutkan dengan uji coba praktik bagi peserta.

 

“Secara materi, kami  membentuk pengemudi yang defensif, mampu bertahan dari ancaman bahaya ka­rena di Indonesia angka ke­celakaan itu sangat tinggi di jalan raya,” kata salah satu pe­materi dari PT. Indosafe Pratama, Zanuar Siksandi.

 

Menurut Zanuar, kegiat­an dimaksudkan untuk memi­nimalisir atau mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas mobil tangki pengangkut BBM dalam operasional sehari-hari.

 

“Kami melakukan riset bahwa  penyebab kecelakaan lalu lintas bukan semata-mata dari skill pengemudinya. Tapi, penyebabnya lebih kepada attitude driver selama di jalan. Jadi, DDT ini lebih mengubah mindset yang selama ini dianggap benar tapi belum tentu benar. Karena di ja­lan raya bukan hanya skill mengemudi yang diperlukan, tapi juga  pola pikir pengemudi yang harus diubah,” jelasnya.

 

Semenatara itu, Branch Manager Cabang Ambon, Tiara Thesaufi menjelaskan, pelatihan ini bukan hanya dilakukan kepada para awak mobil tangki. Namun, kegiatan yang sama juga akan disuguhkan kepada para pegawai SPBU se-Kota Ambon.

 

“Kalau untuk pegawai SPBU praktik di lapangan itu salah satunya ada­lah bagaimana cara mema­damkan api dengan meng­gunakan alat pemadam api ringan yang ada,”ungkap Thiara.

 

Sementara itu, Dhifa Hanif Vegasha salah satu staf Planing and Evaluation MOR VIII Jaya Pura yang bertindak sebagai panitia kegiatan DDT di Ambon menjelaskan, kerja sama   penyelenggaraan DDT dengan PT. Indosafe Pra­tama bukanlah kali pertama. Menurutnya, kerja sama  untuk pelatihan ini, sudah dilakukan selama lima tahun.

 

“Kesinambungan pela­tihan semacam ini perlu terus dilakukan agar me-refresh skill mengemudi AMT,” ujar Difha.• MOR VIII