11 Nop 2017 11:45

Berkah BBM Satu Harga di Ilaga

IMG_20171111_115429ILAGA - Sejak Pertamina merealisasikan BBM satu harga di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Barat, tanggapan masyarakat di wilayah tersebut sangat positif. Salah satunya terlihat dari antusiasme warga yang ingin membeli BBM di Anjungan Pengisian Minyak Solar (APMS) di distrik tersebut. "Disini memang hanya ada satu. Semoga nanti ada dua atau tiga unit APMS beroperasi, di Ilaga, Gome, dan Muara," ujar salah satu warga, Yamesa yang sedang menunggu giliran, pada (6/11/2017).

 

Walaupun demikian, masyarakat Ilaga bersyukur, karena memasuki bulan ke 6, beberapa harga kebutuhan pokok menurun dan transportasi ojek mulai mengurangi tarifnya. "Ini semua berkat BBM satu harga," tambah Yamesa.

 

Hal tersebut diapresiasi Sekretaris Daerah Kabupaten Ilaga Abraham Bisay. Menurutnya, program pemerintah BBM satu harga berjalan dengan baik. Pertamina sebagai BUMN secara langsung turun tangan hingga ke pelosok Papua. Namun ia berharap, pasokan untuk Kabupaten Puncak jika dimungkinkan bisa ditambah karena kebutuhan masyarakat akan BBM di kabupaten tersebut sudah cukup tinggi.

 

"Kebutuhan kami sudah cukup tinggi. Setidaknya penambahan pasokan untuk menghindari penjualan BBM di kios sebesar Rp 50 ribu per liter dan menghindari penimbunan BBM pada bulan Desember nanti." ungkapnya.

 

Steven Heri Purwanto selaku petugas APMS sangat memaklumi kebutuhan penambahan pasokan BBM di kabupaten Puncak. Namun ia mengungkapkan, semua pengiriman ke Ilaga sangat tergantung dengan cuaca. "Kami pernah delay pengiriman hingga 2-3 minggu karena faktor cuaca. Selain itu, pengiriman BBM hanya menggunakan satu pesawat. Pendistribusiannya pun tidak hanya di Ilaga. Banyak tempat di luar sana yang harus dipenuhi juga," ujarnya. 

 

Untuk itu, Steven menyarankan pendisribusian seminggu 3 kali dengan 2 hari pengiriman Premium dan 1 hari solar. "Itu sudah cukup memadai. Namun semua itu kembali pada kebijakan pemerintah daerah mengenai pembatasan BBM. Itu yang kami tunggu." pungkas Heri.*HARI/FT HARI

 

Dibaca sebanyak : 196

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan