20 Mar 2017 08:30

APQ Award 2017 : Inovasi dan Perbaikan Berkelanjutan Pertamina Ciptakan Nilai Rp 26 Triliun

4-MENTERI-1JAKARTA – Di tengah kondisi krisisnya industri mi­gas tidak menyurutkan Per­ta­mina un­tuk melakukan Inovasi dan perbaikan ber­ke­lanjutan yang terus dibu­dayakan di se­lu­ruh lini bis­nis dan anak perusahaan Pertamina. Ke­giatan per­­­baikan kualitas kerja me­la­­lui inovasi yang ber­ke­lan­­jut­an tersebut berhasil men­­­ciptakan value creation se­­besar Rp 26 triliun.

 

Pada kesempatan Peng­anugerahan APQ Award 2013 yang berlangsung di Lantai M Kantor Pusat Per­ta­mina, Rabu (15/3), VP Quality, System & Knowledge Management Pertamina, Faisal Yusra menyampaikan APQ Awards terus meng­hasilkan penciptaan nilai yang signifikan bagi perusahaan di­mana dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

 

Tahun 2015, APQ men­ciptakan nilai Rp 10,2 triliun dan di tahun 2016 meng­­a­lami kenaikan yang sig­nifi­kan dengan ciptakan nilai se­besar Rp 26 triliun atau meng­alami peningkatan 155% dibandingkan tahun se­­be­lumnya. Ini adalah bukti ma­najemen puncak dan insan mutu telah berbuat yang terbaik untuk mewakili ke­­berhasilan menjawab tan­tangan dan menghasilkan va­lue creation bagi peru­sahaan.

 

Pencapaian tersebut men­­dapat apresiasi dari Men­­teri BUMN Rini M. Soemarno atas budaya inovasi yang terus di­kembangkan Perta­mina se­­hingga bisa men­dorong peng­­hematan per­u­­­sahaan. "Saya sangat bang­­ga de­ngan Pertamina ter­utama pa­da 2016, Perta­mina bisa menghasilkan saving sebesar Rp26 triliun dan keuntungan sangat be­sar," kata Menteri BUMN Rini M. Soemarno.

 

Rini menga­takan dengan berbagai penghargaan yang diterima melalui kegiatan ini, baik tingkat naisonal maupun regional, serta diberikannya Satya Lencana oleh Presiden Joko Widodo, menunjukkan pekerja Pertamina dapat ber­kompetisi di dunia. Salah sa­tunya meraih penghargaan best of the best di New Zealand.

 

"Dengan adanya 2.661 ino­vasi yang dihasilkan, saya titip ke Direksi dan ma­na­jemen Pertamina agar men­­dorong inovasi yang ada untuk dipatenkan dan bi­sa di­pasarkan di dunia. Sa­ya harapkan knowledge dari Pertamina ini dapat di-share dengan BUMN lain­nya sehingga BUMN kita yang belum mempunyai stan­dar seperti Pertamina bisa mencapai seperti yang telah dicapai oleh Pertamina,” tam­bahnya.

 

Sementara itu, Plt Direk­tur  Utama Pertamina Yenni An­dayani mengatakan, ino­vasi dan teknologi te­lah menjadi bagian dari ke­hidupan insan Pertamina. Di­rinya berharap di masa yang akan datang inovasi tersebut bukan ha­nya men­jadi cost tetapi ju­ga menjadi profit buat Perta­mina.

 

 “Saya bangga dengan prestasi insan mutu Perta­mina dan apa yang sudah kita lakukan hari ini adalah bentuk dari what we are be­nefit in the future,” ungkap Yenni.

 

APQ Awards merupa­kan wadah apresiasi/peng­hargaan bagi kegiatan per­baikan kualitas kerja melalui inovasi yang berkelanjutan di seluruh lini bisnis dan anak perusahaan. Tahun ini menginjak perhelatan yang ke-7 dengan tema “Insan Mu­tu Mendunia Mendukung Pencapaian Sasaran Stra­tegis Pertamina”.•IRLI

 

Dibaca sebanyak : 329

Kontak Media

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan