20 Feb 2015 15:00

Ternak Bebek Binaan RU VI Bangkitkan Ekonomi Warga

Bebek _RU6BALONGAN – Pertamina melalui program CSR terus melaksanakan tanggung jawab korporat dan kepedulian sosial untuk sebuah pem­bangunan masyarakat yang berkelanjutan. Salah satu yang dilaksanakan yakni memberikan pelatihan dan pendampingan ternak entok dan bebek kepada kepada masyarakat di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabu­paten Indramayu.

 

Program pelatihan dan pendampingan ternak jenis unggas di Desa Balongan terbilang berhasil, sebab ke­lompok ternak yang men­dapat pendampingan dari IPB ini mereka memperoleh pengetahuan baru tentang pengembangbiakan ung­gas yang baik.

 

Awal­nya, warga diajarkan beternak en­tok, kemudian mengembangkannya dengan beternak bebek bantuan Pertamina serta pendampingan dari tim IPB (Institut Pertanian Bogor). Bahkan inovasi mereka se­makin berkembang dengan mengawinsilangkan entok dan bebek yang melahirkan jenis baru bernama Tik Tok (Itik Entok).

 

Keberhasilan pelatihan dan pendampingan yang diberikan Pertamina juga terlihat dari 10 ekor yang di­berikan Pertamina pa­da Tahun 2013, dalam se­tahun kelompok ternak yang bernama Muncul Tirta Ayu ini berhasil me­ngem­bangbiakkannya men­jadi 99 ekor. Dari ha­sil pengembangbiakkan bebek tersebut, warga bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui bebek yang dijual. Hal tersebut di­sampaikan Sekretaris Keca­matan Ba­longan saat meninjau ternak bebek bersama CSR Officer RU VI Balongan Cecep Supriyatna.

 

Ketua kelompok ternak, Taryana Mengaku senang dengan adanya program CSR Pertamina yang membina masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pendampingan bahkan ban­tuan dana dalam menciptakan perekonomian masyarakat yang lebih baik.

 

“Alhamdulillah  melalui ter­nak bebek ini roda pere­ko­nomian kami  terus ber­putar,” ujar Taryana. Sementara itu, CSR Officer RU VI Balongan, Cecep Supriyatna mengatakan selain melakukan pemberdayaan masyarakat, program CSR Pertamina ke depan juga akan terus melakukan penghijauan seperti penanaman mangrove agar dapat menanggulangi abrasi yang kini tengah ter­jadi di pantai-pantai Indra­mayu.•RikiHamdani/Andi

No of Views : 552
Error loading MacroEngine script (file: )
 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.