01 Feb 2016 08:00

RU VI Bangun Taman Kehati dengan Spesies Tanaman Langka

Xxx -03-RU6-kehatiBALONGAN – Pernah men­dengar daerah bernama Ke­mang, Kesambi, Bintaro, atau Kedawung? Siapa sangka nama-nama daerah tersebut berasal nama pohon yang kini sudah langka. Kini berbagai jenis pohon langka itu dilestarikan oleh RU VI Balongan.

 

Program penananam spesies tanaman yang sulit ditemukan ini adalah program CSR RU VI Balongan dalam membangun taman Keanekaragaman Hayati (Kehati). Selain dijadikan pusat pengembangan berbagai ta­naman langka, tujuan diba­ngunnya taman Kehati ini juga sebagai pusat penelitian bagi masyarakat Indramayu.

 

Penanaman berbagai pohon langka  dilak­sa­na­kan, pada (19/2). Pada kegiatan tersebut, hadir GM RU VI Balongan beserta Tim Manajemen, Dandim 0616, Kapolres Indramayu, Badan Lingkungan Hidup, Dinas kehutanan, Dinas Pertanian, Muspika Balongan dan Instansi lainnya yang ikut serta dalam kegiatan seremonial penanaman secara bersamaan.

 

Pohon langka yang ditanam di Perumahan Bumi Patra sebanyak 4.000 pohon yang terdiri atas 20 varietas pohon langka, di antaranya  Pohon Bisbul, Kemang, Rukem, Campole, Kupa, Namnam, Manoa, Matoa, Kupu Anjing dan Pohon Duet. Kemudian Pohon Kesemek, Gayam, Kedawung, Mundu, Menteng, Kecapi, Kepel, Kesambi, Bintaro dan pohon Kepuh.

 

GM RU VI Balongan Yulian Dekri mengatakan Pertamina terus berusaha untuk senantiasa peduli dan peka dengan lingkungan fisik dan sosial di sekitar daerah operasinya. Hal ini dikatakan Yulian, sebab Pertamina tidak dapat tumbuh dan berjalan sendiri tanpa dukungan dari lingkungan di sekitarnya. 

 

Selain itu, 2.500 tanaman mangga dari 10 varietas juga akan ditanam RU VI di area Perumahan Bumi Patra. Ke depan, lokasi ini akan menjadi “Mango Center” yang diharapkan da­pat menjadi wadah untuk memperkenalkan serta pusat pembelajaran mangga yang merupakan buah ikonik dari Kota Indramayu.

 

Dalam membangun ta­man Kehati ini, RU VI Balongan mendapat dukungan da­ri Kodim 0616, Polres Indramayu serta masya­rakat. Dirangkulnya Kodim 0616 dan Polres Indramayu dalam kerja sama ini karena dianggap mempunyai kemampuan un­tuk melaksanakan kegiatan penghijauan dengan pena­naman dan perawatan ber­bagai pohon langka di lokasi lahan yang ditentukan. Selain itu lingkup dari kerja sama ini adalah aparat bisa melakukan penjagaan dan pengamanan tanaman langka dari perusakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Kapolres Indramayu AKBP Wijonarko mengatakan sangat mengapresiasi kegiat­an yang dilakukan RU VI.  Sementara itu, Dandim 0616 Letkol Arh Benny Febrianto menambahkan, peran serta masyarakat sa­ngat diperlukan dalam penghijauan.•Riki Hamdani

 

 

No of Views : 366
Error loading MacroEngine script (file: )
 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.