23 Nov 2016 09:00

Peringati Hari Pahlawan, RU V Adakan Tur Sejarah Bersama Veteran

7-RU V Veteran 10novJakarta - Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Balikpapan tidak terlepas dengan momentum demonstrasi 13 November 1945. Saat itu, masyarakat Balik­papan berjuang me­nun­tut kedaulatan wilayah­nya dari pihak asing, berte­mpat di Karang Anyar. Mem­peringati Hari Pahlawan dan Demonstrasi Per­juangan Balik­papan 13 November 1945, Refinery Unit V (RU V) bersama Dahor Heritage Balikpapan (DHB), menggelar Tur & Talkshow Sejarah di Rumah Cagar Budaya (RCB) Dahor, Minggu (13/11). Pada kesempatan ter­sebut, Area Manager Communications & Relations RU V Dian Hapsari Firasati menyerahkan bantuan kepada para veteran Balikpapan.

 

Acara dimulai dari home tour di Rumah Cagar Bu­daya. Dalam age­nda ters­ebut, Pertamina ber­sama komunitas pecinta sejarah serta para veteran mengun­jungi rumah panggung yang tengah memamerkan karya-karya sketsan dari komunitas sketsa Balikpapan. Adapun karya yang ditampilkan me­motret wilayah-wilayah ber­sejarah di Balikpapan mulai dari Sumur Mathilda, Pasar Kebun Sayur, hingga kilang RU V.

 

Dalam Peringatan Hari Pahlawan ju­ga diadakan talk show penampilan ta­rian tradisional, hingga pe­nyerahan bingkisan ke­pa­­da veteran. Acara itu di­ikuti sebanyak 30 veteran Balikpapan dan Kepala Disna­kersos Balikpapan Tirta Dewi.

 

Dian Hapsari mengatakan, digelarnya agenda tersebut sebagai bentuk dukungan dan kepedulian Pertamina khu­susnya di momen ber­sejarah. “Tentunya kegiatan ini untuk mem­­be­rikan apre­siasi kepa­­­­da seluruh veteran yang telah berjuangan dan mempertahankan kemer­dekaan. Dan sekarang telah menjadi tanggung jawab bagi kita semua, para generasi mu­da untuk meneruskan per­­juangan dari mereka, me­lalui kegiatan yang positif. Sa­lah satunya dengan me­maknai arti penting dari Ha­­ri Pahlawan, ja­ngan sampai perjuangan pahlawan kita ini tidak diketahui apalagi dilanjutkan oleh generasi muda,” katanya.

 

Tentunya, bukan hanya di momen peringatan Hari Pah­lawan, tetapi Pertamina juga mencoba untuk memberikan kontribusi ke­pada masyarakat di Balikpapan melalui Rumah Cagar Bu­daya yang dapat digu­nakan untuk kegiatan apa­pun. “Bila melihat ke be­lakang, di Rumah Cagar Bu­daya ini telah di­gelar berbagai kegiatan mulai dari peringatan Hari Ke­merdekaan 17 Agus­tus, Sum­pah Pemuda, Ma­lam Puisi Perjuangan, dan Hari Pahlawan. Di bulan Ok­to­ber lalu, Pertamina juga mem­bagikan Paket Pertamina Cer­das dan Kelas Inspirasi di Rumah Cagar Budaya bagi penerima manfaat CSR Sobat Borneo,” terangnya.

 

Sementara itu, Kepala Disnakersos Balikpapan Tirta Dewi menyampaikan du­kung­­­an penuh atas agen­da Pertamina. “Sudah se­harusnya generasi muda me­ngenal,  melestarikan dan mencintai sejarah perjuangan bangsa yang diabadikan dalam musium seperti ini,” terangnya.

Sedangkan dua veteran Ba­likpapan Koesman dan Joseph  Warang berharap ge­nerasi muda di Balikpapan dapat mendukung kegiatan dan meneladani jasa pahla­wan di masa lampau.•RU V

No of Views : 298
Error loading MacroEngine script (file: )
 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.