22 Mar 2016 11:30

PEP Pangkalan Susu Field Tanam 200 Pohon Kelapa Hibrida

8-hibridaPangkalan Susu - Se­telah melakukan pem­bersihan bangunan di sekitar ROW pipa 20” yang dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan, Pertamina EP (PEP)Field Pangkalan Susu melakukan pengamanan ROW dengan melakukan penanaman pohon kelapa hibrida, pada (7/3).

 

“Penanaman pohon ke­lapa hibrida ini memiliki dua tujuan utama. Yaitu untuk menunjukkan batas tanah Pertamina dan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat yang berbatasan langsung dengan ta­nah Per­ta­mina,” ungkap Pang­ka­lan Susu Gov. & PR Staf, Rus­midah.

 

Rusmidah menambahkan bahwa pohon kelapa hibrida ditanam pada jarak batas yang aman. “Penanaman pohon ini juga dimaksudkan untuk menghindari sering kali hilangnya patok batas tanah Pertamina sehingga membuat perusahaan harus mengukur lokasi yang sama berulang kali. Dengan penanaman kelapa ini, minimal dalam 10 tahun ke depan, batas tanah akan tetap jelas kelihatan,” jelasnya. Hal ini sejalan de­ngan kebijakan Pertamina untuk mengutamakan masya­rakat terdekat di wilayah ope­rasi Pertamina.

 

“Mereka yang berbatasan dengan tanah perusahaan, diberikan prioritas untuk men­dapatkan buah kelapa­nya, sehingga mereka berse­mangat merawatnya. Lagipula masa berbuah kelapa hibrida cukup cepat hanya sekitar 3 tahun,” jelas Rusmidah.

 

Sementara Kepala Dusun 1 Desa Alur Cempedak Keca­matan Pangkalan Susu Nurdin mengatakan, pro­gram penanaman pohon kelapa hibrida di batas tanah Pertamina ini disambut antusias oleh masyarakat. “Hal ini terlihat setelah pe­nanaman pohon oleh Per­tamina, beberapa warga lang­sung membuat pagar sendiri terhadap tanaman yang berada di tanah mereka” ujar Nurdin.

 

Sementara itu salah se­orang warga penerima bantuan, H. Syamsir Widodo, menyampaikan ucapan te­rima kasih atas program PEP Pangkalan Susu Field atas bantuan pohon kelapa hibrida.

 

“Bantuan ini sangat ber­manfaat nantinya untuk ke­butuhan keseharian bumbu dapur kami, setidaknya untuk kebutuhan memasak sayur, lauk, dan juga membuat kue sudah tercukupi,’’ kata Syamsir.•PEP PANGKALAN SUSU

No of Views : 374
 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.