14 Apr 2016 09:00

Jelang Hari Kartini, MOR IV Resmikan Program Pemberdayaan Wanita “Rumah Jamu Rewulu”

9-launching Rumah JamuBANTUL - Marketing Ope­ration Region (IV) Jawa Ba­gian Tengah meresmikan pro­­gram tanggung jawab sosial perusahaan. Ber­te­patan dengan bulan yang identik dengan Hari Kar­tini sebagai momentum bangkitnya wanita Indonesia untuk terus berkarya, kali ini Pertamina mengangkat Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang ber­kaitan dengan pem­berdayaan wanita Indonesia.

 

Bertempat di Desa Argomulyo, Kabupaten Bantul yang tidak terlalu jauh dari TBBM Rewulu, GM MOR IV Kusnendar didampingi CSR Operation Manager Per­tamina Agus Mashud S. Asngari meresmikan Rumah Jamu Re­wulu yang merupakan ka­wasan industri rumah tangga Jamu Tradisional berbasis masyarakat, Selasa (5/4).

 

Dalam kesempatan ter­sebut, OH TBBM Rewulu, Edy Saputra menyampaikan latar belakang dipilihnya program ini karena kebanyakan mata pencaharian ibu-ibu di sekitar wilayah Ring I TBBM Rewulu (Dusun Watu, Sengonkarang dan Dusun Samben) sebagai penjual jamu. Mereka memproduksi dan memasarkan jamu produksi sendiri.

 

“Program ini difokuskan pada dukungan kegiatan untuk peningkatan kapasitas organisasi maupun kapasitas pengetahuan anggota ke­lompok jamu, peningkatan kualitas produk jamu dan juga penyebaran pemasaran jamu. Kegiatan ini juga ditunjang dengan dukungan peralatan pendukung kegiatan produksi dan pemasaran jamu, serta penambahan jumlah varian produk jamu,” tambah Edy.

 

 Dalam pelaksanaan pro­gram, Pertamina menggan­deng kelompok masyarakat yang tergabung dalam ke­lompok Jati Husada Mulya beranggotakan 29 orang. Sejak program pemberdayaan dilaksanakan pada 2012 yang lalu, kini kelompok telah memiliki 10 varian produk da­lam bentuk cair dan instan.

 

Murgiyati selaku ketua kelompok sangat bahagia  sejak dibimbing oleh Pro­gram CSR Pertamina. Karena, kini kelompoknya memiliki ser­tifikasi P-IRT dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan Serifikasi Halal dari MUI. Produk jamu yang dihasilkan pun sudah mulai dipasarkan keluar daerah. Selain itu, dari sisi kelembagaan, kelompok ini mempunyai koperasi jamu yang diakui oleh negara. Koperasi jamu ini ada untuk membantu memenuhi ke­butuhan bahan baku jamu ba­gi anggota kelompok.

 

Dengan semakin be­sar­nya pemasaran dan pen­jualan jamu dari kelompok jamu Jati Husada Mulya, Pertamina bekerja sama dengan Desa Argomulyo memberikan bantuan berupa 1 unit “Rumah Jamu” kepada kelompok jamu Jati Husada Mulya sebagai sarana pendukung dalam pengembangan usaha kelompok jamu. Rumah Jamu ini dirancang khusus agar sesuai dengan standar ideal tempat produksi jamu sehingga produk yang dihasilkan layak bersaing dengan produk jamu nasional.

Acara juga dihadiri Fo­rum Komunikasi Pimpinan Dae­rah Kabupaten Bantul se­bagai bentuk sinergi antar Pertamina dan Pemerintah Daerah.•MOR IV

No of Views : 1228
 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.