21 Apr 2017 08:00

Cegah Abrasi, JOB PPEJ Tanam 5.000 Mangrove di Tuban

7-JOB PPEJTuban – Sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan mencegah terjadinya ab­rasi serta penyelamatan eko­­sistem pesisir pantai di Kabupaten Tu­ban, Joint Operating Body Pertamina-PetroChina East Java (JOB PPEJ) melak­sa­na­kan kegiatan menanam Mang­rove di kawasan pantai Mangrove Center Tuban, Desa Jenu, Kecamatan Je­nu, Tuban, Sabtu (8/4).

 

Pada tahun ini JOB PPEJ menanam 5.000 bibit pohon Mangrove. Nantinya penanaman akan dilakukan menyebar di tiga titik pesisir pantai di Kecamatan Jenu dan pantai yang ada di Kecamatan Tambakboyo, Tuban.

 

“Ini merupakan pena­naman tahun kedua. Jumlah­nya naik dibandingkan ta­hun lalu yang kita tanam ha­nya 2.000 bibit,” ujar Field Manager JOB PPEJ Nusdhi Septikaputra.

 

Nusdhi menegaskan, upaya JOB PPEJ untuk penyelamatan lingkungan dan pencegahan abrasi tidak hanya melakukan pena­­naman, tetapi juga berkomitmen untuk me­la­kukan perawatan.

 

“Kegiatan menanam itu tidak menanam saja, tapi juga harus terus dimonitor kelangsungan pohon yang kita tanam. Jangan sampai pohon yang kita tanam tidak dipelihara dan malah jadi sia-sia,” tegasnya.

 

Penanaman pohon Mang­rove tersebut diha­rapkan bisa memberikan manfaat terhadap lingkungan dan bisa menyelamatkan ekosistem pantai di wila­yah Kabupaten Tuban.

 

Kerja sama antara JOB PPEJ dengan Mangrove Center Tuban dinilai dapat  menjaga keseimbangan eko­sistem abrasi pantai setengah hektar dan kelak bisa menjadi pengembangan ekonomi.

 

Komitmen JOB PPEJ  tersebut sangat diapresiasi oleh Ali Masur, salah satu tokoh pecinta lingkungan Tuban dan pengelola Mangrove Center Tuban. Keberadaan JOB PPEJ dinilai telah berkontribusi maksimal untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan tanam pohon.

 

“Yang terpenting adalah penanaman seperti ini bisa terus berkelanjutan,” terang Ali Mansur.•JOB PPEJ

No of Views : 368
Error loading MacroEngine script (file: )
 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.