04 Aug 2017 20:36

PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field Fasilitasi Galeri Ajang Ambe dan Klinik UKM

Aceh Tamiang - Jalan-jalan ke Aceh Tamiang jangan lewatkan mampir ke pusat oleh oleh khas di Galeri Ajang Ambe. Lebih dari 20 jenis oleh - oleh produksi UKM masyakakat setempat dipajang di tempat ini.

 

Galeri yang berada di Jalan Juanda No.73 Karang Baru Aceh Tamiang berdiri sejak April 2015 lalu. Oleh-oleh yang dijual di ruko tiga lantai ini, terdiri dari makanan hingga kerajinan tangan.

 

Hadirnya Galeri Ajang Ambe tak lepas dari inisiasi PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field dalam mendukung program pemberdayaan masyarakat.

 

Field Manager Pertamina EP Rantau Field Richard Muthalib menyatakan, selama ini sebagian besar UKM selalu mengalami masalah klasik dalam mengatasi keberlanjutan bisnis. Yakni pemasaran dan permodalan.

 

"Berangkat dari masalah tersebut, maka melalui program CSR kami membangun  showroom sebagai tempat penjualan hasil kerajinan UKM Aceh Tamiang sekaligus memberikan fasilitas klinik UMKM sebagai tempat kursus gratis pengembangan bisnis bagi pengusaha kecil di Aceh Tamiang" jelasnya.

 

Kursus pengembangan bisnis tersebut diadakan setiap dua minggu sekali, dengan topik berbeda dan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Materi klinik UMKM yang diberikan seperti pemasaran online, cara menyusun proposal bisnis, menembus jaringan permodalan, peningkatan kualitas SDM, dll.

 

Setelah 2 tahun berjalan, penjualan di Galeri Ajang Ambe lambat laun mengalami peningkatan. Kunjungan tamu dari berbagai daerah juga semakin ramai. Dari 20 UKM yang menitipkan produknya untuk dijual,  kini sudah berkembang menjadi 40 UKM.

 

Bagi usaha yang prospektif Pertamina EP juga memberikan kesempatan kepada pengusaha kecil untuk mendapatkan pinjaman melalui program kemitraan (PKBL) di Pertamina (Persero).

No of Views : 1321

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.