07 Nov 2012 15:59

12 Pemenang APQ Award Diumumkan Pertamina Harapkan Quick Yield Dari Ajang Pertamina Quality Awards

JAKARTA - Annual Pertamina Quality Awards diharapkan dapat melahirkan inovasi-inovasi dan peluang bisnis baru yang memberikan dampak konkret bagi pertumbuhan Pertamina sebagai perusahaan energi dalam waktu yang singkat (quick yield).


Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mengatakan untuk merealisasikan visi sebagai World Class Energy Company, manajemen maupun pekerja operasional Pertamina tidak boleh lelah memberikan kontribusi terbaik, agar mampu terus berinovasi, berkreasi dan menciptakan peluang perbaikan demi terwujudnya efektifitas proses dan kualitas hasil kerja yang akan mendorong perusahaan.


"APQ Awards harus dijadikan sebagai sasaran antara yang harus dicapai untuk dapat mewujudkan sasaran utama yang lebih besar ke dapan, termasuk berprestasi di forum-forum internasional. Lebih dari itu, ajang ini harus dapat menjadi media bagi lahirnya inovasi dan peluang bisnis baru yang memiliki dampak konkret yang positif bagi perusahaan dalam waktu singkat," katanya dalam acara Penganugerahan APQ Awards 2012, Rabu (7/11).


APQ Awards 2012 yang mengusung tema "Menjadikan Insan Mutu Pertamina Mampu Berkompetisi di Tingkat Regional/Internasional dengan Budaya Perbaikan Berkelanjutan dan Semangat Terbarukan", melibatkan insan Pertamina dari seluruh sentra operasi/produksi perusahaan. Terdapat 95 risalah lesson learned, success story, problem solving dan traouble shooting terbaik dari 1.241 tema inovasi/kreativitas yang telah dihasilkan selama tahun 2012.


Dari seluruh inovasi tersebut, terpilih sebanyak 12 pemenang dari seluruh kategori yang ada. "Secara khusus, saya juga ingin mengucapkan selamat kepada para pemenang APQ Awards 2012. Besar harapan bahwa prestasi yang sudah diraih tidak akan berhenti sampai di sini. APQ Awards yang menjadi media bagi upaya menggulirkan dan meningkatkan budaya perbaikan berkelanjutan, harus mampu mengakselerasi pencapaian produktifitas, efisiensi bisnis dan kinerja tinggi."


Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam sambutannya mengaku bangga terhadap pencapaian yang telah dilakukan oleh insan mutu Pertamina, khususnya dalam APQ Awards 2012. Dia mencontohkan inovasi yang dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu Camar Refinery Unit V Balikpapan dengan tema "Pengembangan Produk LSWR-500 Menjadi Jenis Produk Baru" yang mendatangkan hasil konkret yang signifikan bagi perusahaan.


"Bahkan saya inovasi itu mampu menghasilkan kontribusi profit rata-rata sekitar Rp1,3 triliun selama setahun. Inovasi semacam ini sangat luar biasa dan layak untuk terus dikembangkan, tidak hanya di satu unit bisnis saja, tetapi di seluruh unit-unit bisnis yang ada di Pertamina," katanya.


Daftar Peraih Anugerah Annual Pertamina Quality Awards 2012

Kategori   Pemenang 
The Best Quality Board Dewan Mutu Refinery Unit III Plaju  
The Most Inspiring Leader  Tim Manajemen PT Pertamina EP
The Best Continuous Performance Improvement  Tim Manajemen Pertamina Lubricants 
The Most Productive CIP'er  PT Pertamina Gas
The Best Quality Agent  Fungsi Quality Man. RU VI Balongan 
The Most Valuable Innovation  GKM Camar RU V Balikpapan 
The Best Komet Agent   PIC Komet RU IV Cilacap  
The Best Komet'er   Sabar P. Simatupang- RU V Balikpapan  
The Best QCP CIP    PKM Gas PT Pertamina EP 
The Best QCC CIP    GKM Smart PT Pertamina Hulu Energy  
The Best SS CIP    SS Ifan Sri Widodo & Budi Mariyono M&T Region IV JBT  
The Best Innovation Expo CIP  PT Pertamina Gas

 

No of Views : 77

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.