18 Sep 2017 14:30

“Jemparingan” ala Jokowi di Balkondes Pertamina

MAGELANG – Presiden RI Joko Widodo, mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Omah Guyub Wringin Putih binaan PT Pertamina (Persero). Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berkemempatan menunjukkan keahliannya memanah, bersama Menteri BUMN Rini M.Soemarno dan  Direktur Utama Pertamina Massa Manik.

 

Memanah atau jemparingan yang merupakan seni memanah kuno tradisi Kerajaan Mataram, merupakan salah satu daya tarik yang ditawarkan di Balkondes Omah Guyub Wringin Putih. Cara memanah dengan duduk bersila beralaskan tikar dan mengenakan busana khas jawa kain, kebaya (untuk putri)/surjan (untuk putra), bersanggul/blangkon. Jemparingan lekat dengan filosofi untuk melatih ketajaman dan konsentrasi sekaligus sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan para pemain yang duduknya saling berdekatan.

 

Kunjungan Presiden Jokowi ke Balkondes Omah Guyub Wringin Putih ini merupakan rangkaian dari kegiatan kunjungan kerja Presiden ke beberapa lokasi Balkondes yang dibina oleh BUMN melalui program "BUMN Hadir Untuk Negeri" sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan untuk memajukan masyarakat sekitar dengan mengangkat potensi lokalnya.

 

Menurut VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, keterlibatan Pertamina tidak lepas dari komitmen perusahaan untuk berpartisipasi langsung pada kelestarian budaya. “Dengan terlibat dalam pengembangan Balkondes ini, sebetulnya Pertamina juga berpartisipasi pada kelestarian budaya, terutama budaya lokal,” ujarnya.

 

Balkondes Wringin Putih yang berada di Kabupaten Magelang, merupakan salah satu potensi wisata lokal yang berfungsi sebagai sentra penggerak perekonomian dan galeri potensi Desa. Keunggulan yang ditawarkan disini yakni kearifan lokal masyarakat setempat dimana interaksi sosial untuk mempererat persaudaraan dan gotong royong (guyub) antar warga Desa yang terus dipelihara. Sejalan dengan hal tersebut konsep pengembangan perekonomian yang disusun, yakni mengembaangkan  Omah Guyub Wringin Putih sebagai tempat menginap, restoran dan pusat budaya lokal.

 

Budaya lokal yang ditawarkan antara lain arsitektur dan desain halaman Omah Guyub yang apik. Didominasi kayu dan bambu, dimana pengunjung seakan-akan bersatu dengan alam. Selain menginap dan menikmati keindahan alam, ada banyak hal yang bisa dilakukan di seputaran Omah Guyub ini.

 

Diantaranya adalah membatik, jemparingan (seni memanah kuno atau emmanah tradisional khas Kerajaan Mataram), latihan menari, mengembangkan kerajinan tangan khas daerah, dan sebagainya. Balkondes Omah Guyub Wringin Putih memiliki fasilitas mulai dari penginapan yang memiliki 20 kamar tidur, terdiri dari 4 rumah tipe single (1 bedroom), 2 rumah tipe double (2 bedroom), 4 rumah tipe family (3 bedroom). Selain itu juga ada restoran yang menyuguhkan hidangan dari resep tradisional yang dikelola oleh ibu-ibu warga setempat . Omah Guyub juga dilengkapi dengan ruang pertemuan, perkebunan dan peternakan yang memungkinkan interaksi dengan alam secara langsung.

No of Views : 1008

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.