09 Dec 2016 08:32

Visitasi Dewan Pertimbangan Proper ke Mitra Binaan VI Balongan

20- RU Vi Visitasi  Proper Ke Mitra Binaan VI BalonganBalongan - Setelah ber­hasil meraih penghargaan Proper Emas pada Tahun 2015 dari Kementerian Ling­kungan Hidup dan Kehu­tanan (KLHK), tahun ini RU VI Balongan kembali ma­suk sebagai salah satu kandidat peraih Proper Emas.

 

Guna mempertahankan Proper Emas tersebut, RU VI Balongan secara konsisten dan berke­sinam­bungan melaksanakan berba­gai program khususnya terkait Corporate Social Responsibility (CSR), seperti pemberdayaan dan lingkungan.

 

Beberapa program ung­­­gulan program CSR RU VI Balongan, di­ antaranya adalah Budidaya Jamur Tiram, Ekowisata Mangrove, Produk Olahan Mangrove, serta UMKM.

 

Sebagai rangkaian pe­nilaian Proper Emas, Dewan Proper melakukan visitasi di beberapa mitra binaan RU VI yang terbagi dalam dua tahap. Pertama, visitasi tim teknis Dewan Pertimbangan Proper oleh Agnes Sunartiningsih yang juga merupakan Dosen di Universitas Gadjah Mada, pada 16 – 17 November 2016. Kemudian visitasi yang dilakukan oleh Ketua Dewan Proper Prof. Sudarto pada 19 November 2016 dengan pendampingan oleh GM RU VI Afdal Martha dan tim manajemen RU VI.

 

Rangkaian kegiatan visita­si dimulai dengan me­nin­jau lumbung budidaya jamur tiram di Desa Sukaurip. Melalui bantuan peralatan dan pembinaan yang dibe­rikan kepada kelompok, kelompok tani jamur tiram menya­takan, produk­sinya meningkat bahkan masih belum bisa memenuhi per­­mintaan pasar yang begitu besar.

 

Visitasi dilan­jutkan ke UMKM binaan RU VI. Anggota UMKM ini merupakan pa­ra purna Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang kini mandiri melalui program pem­ber­dayaan dari CSR RU VI. Selain itu, visitasi yang dila­kukan oleh Dewan Proper juga dilakukan di Ekowisata Mangrove Karangsong yang kini menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten In­dramayu.

 

Salah satu apresiasi dari pengembangan Ekowisata Mang­rove Karangsong  ter­sebut, RU VI Balongan meraih peng­hargaan Proper Emas dari KLHK pada 2015. 

 

Rangkaian akhir dari visitasi penilaian Pro­per yakni peninjauan pem­bu­didayaan Mangrove hidro­ponik dan produk olahan Mangrove oleh kelompok Ja­ka Kencana di Desa Pa­bean Udik Kecamatan In­dramayu.  Diharapkan, ide dan program inovatif tersebut da­pat mempertahankan Pro­per Emas RU VI.•Riki Hamdani

No of Views : 534

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.