22 Feb 2016 07:00

Rio Haryanto Melaju ke Formula 1

Xxx -01-RIOPT Pertamina (Persero) dengan bangga menyatakan dukungannya kepada Rio Haryanto, pembalap prestatif asal Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam ajang balap mobil level tertinggi di dunia Formula 1 musim ini.

 

JAKARTA –  Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengaku bangga Rio bisa menjadi wakil Indonesia pada laga bergengsi ini. Pujian kepada Rio pun diungkap Dwi pada kesempatan itu. “Pertamina sangat bangga bisa menemani Rio sejak 2010 hingga meraih sejumlah prestasi. Saya juga seorang fighter, jadi saya salut. Apalagi ini berjuang membela negara,” ungkap Dwi.

 

Menteri Pemuda dan Olah­raga, Imam Nahrawi, turut bersyukur berkat du­kung­an semua pihak, Rio membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia bisa sejajar dengan negara lain. “Akhirnya Rio jadi orang Indonesia per­tama yang masuk F1,” pung­kasnya.

 

Vice President Corporate Communications Pertamina Wianda Pusponegoro menga­takan, setelah melalui proses yang panjang, Rio Haryanto akhirnya secara resmi dinya­takan akan berpartisipasi da­lam ajang balap mobil ber­gengsi tersebut, dengan ber­gabung bersama Manor Racing. Kepastian untuk Rio tersebut telah diumumkan oleh pihak Manor Racing di kantornya hari ini di Inggris.

 

“Ini merupakan sebuah sejarah yang luar biasa, tidak hanya bagi Rio Haryanto te­tapi juga bagi Indonesia. Kami bangga atas prestasinya yang dapat menjadi pembalap In­donesia pertama dan juga satu-satunya pembalap dari Asia yang memiliki ke­sempatan untuk ikut dalam balap mobil paling bergengsi di dunia. Suatu kehormatan bagi Pertamina untuk men­du­kung Rio Haryanto di ajang tersebut,” ujar Wianda di Kantor Pusat Pertamina, Kamis (18/2).

 

Pada kesempatan itu, Rio Haryanto menyatakan terima kasih kepada Pertamina dan semua pihak yang telah mendukungnya selama ini.

 

“Akhirnya sore ini dapat kabar gembira saya resmi se­­bagai pembalap F1. Tan­pa dukungan semua pi­hak saya tidak yakin bisa men­capai F1, saya hanya ingin mengu­kir prestasi dan terus mem­berikan kebanggan bagi Indonesia ke ajang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Rio Haryanto juga rencananya akan bertolak ke Barcelona untuk menjalani latihan pra musim.

 

Rio Haryanto memulai kariernya dengan mengikuti carting competition, baik taraf nasional dan internasional di usia 6 tahun. Sembilan tahun kemudian, Rio berpartisipasi di balap mobil Formula Asia 2.0 Series dan berhasil merebut posisi ketiga di klasemen akhir dengan raih posisi pertama di dua balapan.

 

Atas peningkatan per­formanya, Rio berhasil meraih kemenangan di ajang balap mobil Formula BMW Pasific di tahun 2009. Selain itu, Rio yang dijuluki ‘The Wet Weather Specialist’ juga telah mendapatkan super license dari Virgin F1 dengan berpartisipasi di balapan test drive Formula 1 di Abu Dhabi pada tahun 2010.

 

Dalam karirnya, Rio telah berhasih meraih banyak penghargaan dan kejuaraan termasuk menempati posisi kelima di GP3 Series saat debutnya di tahun 2010, dan posisi empat di GP2 Series tahun lalu.•Starfy

 

No of Views : 311

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.