16 Feb 2016 10:00

Pertamina Gandeng BRI Implementasikan Cashless Payment System

Xxx -02-pertamina Nbri -4JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk untuk meng­imple­mentasikan Cashless Payment System bagi  agen dan pangkalan LPG. Kedua belah pihak menandatangani Nota Kesepahaman Im­p­le­mentasi Cashless Pay­ment System untuk Agen dan Pangkalan LPG Per­tamina, pada Jumat (5/2). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang dan Direktur Kelembagaan BRI Kuswiyoto, di Ruang Ra­pat Direktorat Pemasaran Lantai 13 Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina.

 

Sinergi kedua BUMN tersebut dimaksudkan untuk membantu pencatatan tran­saksi agen ke pang­kalan LPG, sekaligus me­wujudkan Cashless So­ciety. Transaksi cashless memungkinkan pang­kalan melakukan pe­mesanan dan pembayaran melalui fasilitas MOCASH BRI di Mobile Banking dan SMS Banking BRI. Sedangkan agen Pertamina mendapatkan laporan rekonsiliasi penca­tatan transaksi secara oto­matis dan rekap bulanan yang tentunya lebih akurat, transparan, dan akuntabel.

 

Fasilitas MOCASH BRI  juga membantu proses moni­toring transaksi dan distribusi LPG 3 kg sampai ke pangkalan dengan mensinergikan antara aplikasi elektronik banking dengan aplikasi SIMOL3K milik Pertamina dengan menggunakan koneksi host-to-host yang tidak dibatasi oleh jam buka Bank maupun tidak harus datang ke Bank karena semua transaksi da­pat dioperasikan dengan handphone melalui fasilitas MOCASH BRI.

 

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, pembayaran secara cashless  merupakan solusi tepat untuk  mencegah peredaran uang palsu, risiko kehilangan, dan rumitnya pencatatan. Dengan demikian, ada perbaikan pencatatan data transaksi yang lebih akurat dan akuntabel untuk agen ke pangkalan yang jum­lahnya terus meningkat.

 

Menurut Ahmad Bam­bang, prosedur ini juga me­rupakan upaya untuk menjaga distribusi LPG 3 Kg lebih tepat sasaran. Karena, selain agen dapat memberikan data pangkalan mana saja yang menyalurkan LPG, pangkalan juga bertanggung jawab menginfokan da­ta distribusi LPG. Oleh karena­nya, ia  berterima kasih atas support BRI yang bahkan sebelum MoU ditandatangani, telah melakukan transaksi cashless untuk agen dan pangkalan Pertamina. “Saya bangga sekali, karena kita tahu,  BRI yang paling luas wilayahnya,” pungkas Ahmad Bambang.

 

Di sisi lain, Direktur Kelem­bagaan PT Bank Rakyat Indo­nesia (Persero) Tbk. Kus­wiyo­to juga memberikan apre­siasi kepada Pertamina yang juga telah men-support upa­ya perbankan dalam cita-cita pembentukan Cash­­less Society di In­do­nesia. “Transaksi cashless di Indonesia baru se­kitar 30%. Padahal,  di du­nia su­dah di atas 60%. Bah­kan di beberapa negara su­dah mencapai 90%. Ke depan­nya,  bisa kita kem­bangkan lagi tidak hanya produk Perta­mina,” ucapnya.•Starfy

No of Views : 671

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.