02 Dec 2017 13:15

Pelatihan Olahan Mangrove untuk Perempuan Kampung Laut

Pelatihan Olahan Mangrove Untuk Perempuan Kampung LautCilacap-Refinery Unit (RU)  IV sebagai perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Cilacap, ikut berpartispasi dan mendukung program Bangga Membangun Desa yang diinisiasi Pemda Cilacap dalam mempertahankan ketahanan pangan. Melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), RU IV memberikan pelatihan olahan mangrove kepada ibu-ibu mitra binaan yang tergabung dalam kelompok Patra Bina Mandiri Kampung Laut, di Gedung Griya Patra, pada Selasa (21/11/2017).


Dalam sambutannya, Unit Manager Communications & CSR RU IV Binu Bowo Ispramito K menjelaskan, program tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Laut. “Semoga kelompok ini dapat memiliki tambahan ilmu dan wawasan untuk berinovasi dalam mengembangkan hasil produk olahan pangan yang berkualitas,” ujar Binu.
 
Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini, mendatangkan instruktur dari Mas Jamang Semarang, pegiat UMKM jajanan mangrove. Cahyadi Adhe Kurniawan selaku narasumber menjelaskan mengenai nilai ekonomis dan kandungan gizi buah mangrove, dan mempraktikkan langsung cara pembuatan sirup, bolu gulung, bolu pisang dan tepung dari buah tanaman mangrove. Adapun jenis-jenis buah mangrove yang dapat dibuat olahan seperti Bruguiera Gymnorrhiza, Achantus Ilicitolu, Soneratia.

Bantuan senilai Rp 50 juta ini diberikan untuk kegiatan pelatihan, bantuan alat dan modal usaha pengembangan kelompok, sehingga kelompok dapat memproduksi hasil olahan pangan dari berbagai jenis mangrove yang berada di Kawasan Segara Anakan.•RU IV

No of Views : 59

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.