13 May 2012 19:38

Menyulap Tweet Jadi Pohon

"Bukan lautan, hanya kolam susu. Kail dan jala cukup menghidupimu. Tiada badai tiada topan kau temui, ikan dan udang menghampiri dirimu. Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman..."


Kidung Koes Ploes di era 70an, menggambarkan betapa kaya tanah ibu pertiwi, laksana tanah surga. Kekayaan seta keragaman flora dan fauna Indonesia bahkan menempati populasi yang cukup signifikan dari total populasi dunia. Tumbuhan berbunga di Indonesia, misalnya, mencakup 10% populasi dunia. 25% jenis-jenis ikan dunia, terdapat di Indonesia.


Patut disayangkan, kekayaan dan keragaman flora dan fauna itu semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Perusahaan analis dan pemetaan risiko asal Inggris, Maplecroft, menempatkan Indonesia sebagai peringkat ke-2 negara dengan tingkat penggundulan hutan terbesar di dunia. Tak kurang dari 1 juta hektar hutan Indonesia, dibabat habis setiap tahunnya.


Menyadari hal ini, melalui gerakan Kartini Sobat Bumi, Pertamina mengajak netizen Indonesia utk kembali menghijaukan negeri, memulai perubahan dari sebuah langkah kecil. Cukup dengan menulis pesan lewat Twitter, setiap 2 tweet dengan hashtag #sobatbumi akan dikonversi menjadi 1 bibit pohon yang akan ditanam dan dirawat oleh Pertamina dan masyarakat sekitar. Gerakan Kartini Sobat Bumi ini merupakan bagian dari program Menabung 100 Juta Pohon Pertamina. Program ini bertujuan untuk mempertahankan kelestarian hutan dan mengurangi dampak efek rumah kaca akibat emisi gas karbon. Program ini diharapkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan tabung pohon, melalui pemanfaatan hasil pohon yang berkelanjutan. Disamping itu, diharapkan juga dapat menciptakan nilai tambah melalui kemitraan dengan pihak lain.


Mengapa Twitter?
Indonesia kerap dijuluki sebagai republik twitter. Statistik mencatat Indonesia sebagai negara ke dua teraktif di dunia dalam penggunaan social media Twitter. Bahkan Jakarta adalah ibu kota teraktif penggunaan twitternya di dunia.


Netizen yang memiliki akun twitter bisa men-tweet apapun seputar lingkungan hidup. Pastikan untuk mencantumkan tagar/hashtag #sobatbumi di setiap tweet sehingga alat penghitung dapat mencatat kontribusi pohon netizen nantinya. Jika ingin mengetahui berapa pohon yg telah dikonversi dari twit, silahkan mengunjungi website www.kartinisobatbumi.com. Pilih login pada pojok kanan atas dan masukkan account twitter anda.


Siapapun bisa ikut bergabung dalam kegiatan ini. Tidak ada persyaratan registrasi atau apapun. Selebriti Indonesia yang peduli lingkungan seperti Sarah Sechan, Riyanni Djangkaru dan Dewi Lestari pun bergabung dalam gerakan ini dengan aktif mengirimkan twit.


Mari peduli bumi lewat ibu jarimu...

No of Views : 906

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.