17 Sep 2012 14:26

Dari Composite Hingga Teknologi Anti Pencurian

CompositeNusa Dua - Dari ratusan stand pameran 25th World LP Gas di Bali, yang memamerkan produk maupun teknologi pendukung rantai bisnis gas, ada beberapa produk yang menarik bagi Pertamina. President Director & CEO Pertamina Karen Agustiawan usai membuka pameran pada Selasa sore (11/9), begitu antusias menyimak penjelasan teknologi yang diperkenalkan peserta pameran dari India. Teknologi yang dimaksud adalah teknologi anti pencurian isi tabung alias "pengoplosan" yang sering terjadi di negara-negara pengguna LPG.


Sebuah alat berbentuk pipa kecil yang tersambung langsung dengan valve dan berada di dalam tabung. Alat yang bisa diaplikasikan dalam berbagai tipe valve ini menurut produsen asal India tersebut, alat perangkat anti pencurian tersebut bisa mengantisipasi pencurian yang dilakukan dengan cara menyuntik tabung di bagian valve. Bahkan teknologi tersebut menarik minat Wakil Presiden RI Boediono, saat membua konferensi pada Rabu (12/9).


Ada juga tabung dari composite yang lebih ringan, sebagai alternatif tabung LPG berbahan plat baja yang selama ini digunakan di Indonesia. "Dua teknologi itu sangat menarik buat kami. Kalau untuk perangkat anti pencurian kami masih hitung pengaplikasiannya, karena harganya relatif mahal. Sementara untuk composite, kami akan coba untuk tabung LPG premium kami Ease Gas,"jelas Karen.

No of Views : 131

Media Contact

 

Beta Version | Development in Progress

This website is best viewed with browser Mozilla Firefox 5.0 or higher

Copyright © 2012 PT Pertamina. All rights reserved.