PROPER

Lebih dari 100 unit usaha Pertamina bersiaga untuk mendapatkan peringat PROPER Emas tahun ini. PROPER atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup menjadi target Pertamina sebagai bagian da- ri menyeimbangkan kegatan usaha di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. PROPER memiliki nilai strategis terhadap citra per- usahaan.

 

Karena itu setelah tahun lalu Pertamina mendapatkan 9 Proper Hijau, kini harus naik kelas menjadi emas. Di samping itu juga me- naikkan penilaian merah menjadi biru, termasuk mempertahankan tradisi tanpa predikat hitam.

 

Karena itu unit operasi didorong untuk mengimplementasikan ISO 14001, sebagai parameter pengelolaan lingkungan bertanggung jawab. Sampai saat ini terdapat hampir 28 unit operasi yang sudah men- dapatkan sertifikasi ISO 14001. Manajemen pengelolaaan lingkungan yang baik menjadi salah satu aspek penilaian PROPER.

 

Kementerian Lingkungan Hidup sejak tahun 2002 telah meluncurkan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkugnan (PROPER) sebgai pengembangan dari PROPER PROKASIH (Program Kali Bersih).

 

Tujuan penerapan instrumen PROPER adalah untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan melalui penyebaran inforamsi kinerja penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Peningkatan kinerja penaatan dapat terjadi melalui efek insentif dan disinsentif reputasi yang timbul akibat pengumuman peringkat kinerja PROPER kepada publik.

 

Pelaksanaan PROPER diharapkan dapat memperkuat berbagai instrumen pengelolaan lingkungan yang ada, seperti penegakan hukum lingkungan, dan ekonomi. Disamping itu penerapan PROPER dapat menjawab kebutuhan akses informasi, transparansi dan partisipasi publik dalam pengelolaan lingkungan.

 

Penilaian kinerja penaatan perusahaan dalam PROPER dilakukan berdasarkan atas kinerja perusahaan dalam memenuhi berbagai persyaratan ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kinerja perusahaan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang terkait dengan kegiatan pengelolaan lingkungan yang belum menjadi persyaratan penaatan (beyond compliance).

 

PERKEMBANGAN PERINGKAT PROPER PERTAMINA TAHUN 2008 S/D 2010

 

Kategori PROPER-LH Periode Penilaian PROPER
2009 2010 2011 2012
 Emas  0  2
 Hijau  3 25   35
 Biru 35  48   63 88 
Biru Minus  16 
Merah 
Merah Minus 
Hitam 
Jumlah  63  63  92  126 
 
 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan