Perkapalan

Aktivitas perkapalan di Pertamina telah distrukturisasi ke dalam Divisi Perkapalan di tahun 1959, ditandai dengan diakuisisinya 2 unit tanker draft rendah berukuran 3.200 DWT melalui sistem BBHP dari PT Caltex. Keputusan Presiden No. 44 tanggal 6 Desember 1975 mengatur ulang kegiatan perkapalan dalam Direktorat Perkapalan dan Telekomunikasi.

Selanjutnya, pada 15 Maret 1990, Keputusan Presiden No. 11 menghasilkan terbentuknya Direktorat Perkapalan, Kepelabuhanan dan Komunikasi yang kemudian menjadi PT Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran dan Niaga – Perkapalan pada tahun 2004.


Dengan tuntutan perkembangan ke depan yang menjadikan perusahaan terkemuka, berkembang dan disegani secara internasional sebagai visi perusahaan, perusahaan ini juga bertujuan untuk mengatur pelayanan logistik yang profesional dalam hal penyediaan minyak, gas bumi, petrokimia dan produk kilang yang lainnya.


Di sisi lain, perusahaan juga bertujuan menjadikan nilai tambah bagi pemegang saham dengan memfokuskan pada pemberian pelayanan terbaik dengan tetap menjaga dan mempertahankan lingkungan alam sekitar. Untuk mencapai misi-misi tersebut, perusahaan telah menciptakan budaya perusahaan yang lebih baik, membangun citra perusahaan yang baru dan menerapkan prinsip transparansi, good corporate governance dan sistem pengawasan internal yang tepat.


Saat ini, perusahaan telah memiliki kurang lebih 50 kapal tanker dengan berbagai macam tipe dan mengoperasikan lebih dari 180 kapal tanker, yang bervariasi mulai dari tipe Bulk Lighter (BL) sampai dengan Very Large Crude Carrier (VLCC). Tonasenya didedikasikan untuk mengangkut lebih dari 85 juta Longton kargo per tahun.


Sebagai nilai tambah selain bisnis utama di atas, perusahaan ini juga telah mendirikan dan mengembangkan berbagai macam bisnis seperti Pembangunan Kapal, Charter/Sewa Kapal, Layanan Maritim yang berkonsentrasi pada Pengagenan Kapal dan Perbaikan Kapal.


Sejauh ini, sukses perusahaan pada sektor ini sangat berkaitan erat dengan kerja keras dan cerdas dari seluruh pihak yang terlibat, sehingga PT Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran dan Niaga – Perkapalan mengucapkan terima kasih atas keterlibatan positif ini dan sangat berharap agar hubungan kerja sama yang baik ini dapat terus direalisasikan terutama dalam hal perjuangan menjadi bagian penting dari bisnis perkapalan dunia.

 
Armada Armada
SMR (Safety Management Representative) SMR (Safety Management Representative)

Press Release

 

Versi Beta | Dalam Tahap Pengerjaan

Tampilan terbaik website ini menggunakan browser Mozilla Firefox 5.0 atau versi yang lebih tinggi

Hak Cipta © 2012 PT Pertamina. Semua Hak telah Diberikan